01/02/19

Jumat, 1/2/2019

  • Bacaan: Imamat 4-6; Kisah Para Rasul 5-7
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

Pendalaman PL: Imamat 4:1-4; Ibrani 10-1-14

1. Apakah korban penghapus dosa itu dan apakah kegunaannya? (Im. 4:1-4)

2. Apakah arti korban-korban di dalam Perjanjian Lama itu? Jadi korban manakah yang berkenan kepada Tuhan? (Ibr. 10:1-4; 8-14)

3. Menggambarkan apakah korban-korban Perjanjian Lama di dalam kitab Imamat? (Im. 1-7)

Renungan PL:

Korban-korban Perjanjian Lama tidak bisa menghapus dosa, karena semua itu hanya bayang-bayang dari Korban Sempurna yang akan datang, yaitu Kristus. Kristus telah dinubuatkan sebagai korban yang dipersembahkan terus-menerus oleh orang Israel. Mari kita melihat prinsipnya. Ada lima jenis korban dalam kitab Imamat, yang merupakan bayang-bayang dari koban-korban Kristus bagi kita:

1. Korban Bakaran:

Korban binatang yang dibakar seutuhnya (kecuali kulitnya), yang menggambarkan persembahan diri Kristus yang seutuhnya untuk melakukan kehendak Tuhan, yaitu taat sampai mati. Kristus adalah korban bakaran, yang jadi persembahan dan korban yang harum bagi Allah (Ef. 5:1-2). Melalui korban ini, terbukalah jalan bagi kita untuk menghadap Allah. Karena sekarang kita mempunyai jalandan contoh/model dedikasi yang total bagi Allah.

2. Korban Sajian:

Korban tepung gandum dengan minyak dan kemenyan, yang menggambarkan Kristus yang mempersembahkan hidupnya sebagai korban yang sempurna tanpa dosa, dengan kualitas moral yang sempurna. Persembahan inilah yang menjadi bau harum bagi Allah (Ef. 5:1-2). Hidup Kristus yang dipenuhi dengan kasih karunia dan kuasa Roh Kudus (minyak) merupakan korban yang berbau harum (kemenyan) bagi Allah. Kristuslah jalandan contoh/model bagi kita.

3. Korban Keselamatan (Pendamaian):

Korban binatang yang darahnya dicurahkan, lemak, isi perut, dan ginjalnya dibakar menjadi koban api-apian bagi Tuhan, sedangkan bagian dada untuk Harun dan anak-anaknya, dan bagian pundak kanan binatang untuk imam yang mempersembahkan korban. Korban ini menggambarkan korban Kristus yang menyebabkan kita dapat berdamai dan bersekutu sempurna dengan Allah dan sesama kita. Korban Kristuslah yang menyebabkan kita dapat bersatu dengan Allah dan sesamanya dalam tubuh Kristus.

4. Korban Penghapus Dosa:

Korban binatang (lembu) yang darahnya dicurahkan dan lemaknya dipersembahkan, dibakar di luar perkemahan. Ini adalah gambaran Kristus yang menjadi korban penghapus dosa kita. Kristus yang tidak berdosa dijadikan dosa karena kita (2 Kor. 5:21), dan Dia menderita di luar pintu gerbang perkemahan bagi kita (Ibr. 13:11-12).

5. Korban Penebus Salah:

Korban yang dipersembahkan untuk dosa-dosa kesalahan akibat pemberontakan umat terhadap pemerintahan Tuhan. Allah bukan hanya mengampuni dosa asal kita tetapi juga dosa pemberontakan kita, yaitu kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dalam perjalanan kehidupan kita.

2019-10-12T10:01:45+07:00