01/03/19

Jumat, 1/3/2019

  • Bacaan: Ulangan 25-27; Efesus 1-2
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: Efesus 1:3-12; 15-23

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Surat Efesus ditulis untuk mendorong dan menguatkan jemaat di Efesus supaya mereka mengenal rahasia kehendak Allah sebagai persiapan kegenapan waktu (Ef. 1:9-10). Sebelumnya, Paulus sudah mengingatkan jemaat Efesus bahwa akan ada dua bahaya yang mengancam mereka (Kis. 20:29-30): pertama, akan timbul serigala ganas, yaitu guru-guru palsu yang akan masuk dari luar dengan pengajaran yang menyesatkan; dan kedua, akan ada para pemimpin dari dalam yang mengambil alih arah/kendali dan menarik murid-murid dari jalan yang benar. Karena itulah, ketiga pasal pertama dalam surat Efesus menjelaskan rahasia Injil yang menjadi dasar kebenaran, yaitu kasih karunia, penebusan dan keselamatan. Lalu dalam ketiga pasal berikutnya, secara praktis digambarkan kehidupan sebagai jemaat yang benar dan cara hidup dalam kebenaran sehari-hari. Surat Efesus mengandung visi dan wahyu tentang rencana dan maksud abadi Tuhan. Karena itulah, Paulus menuliskan di dalamnya tentang doa, penyembahan, nasihat, dan pengajaran, yang semuanya berfokus pada kemuliaan Kristus di dalam jemaat (Ef. 3:21).

2019-10-12T09:51:23+07:00