//01/06/19

01/06/19

Sabtu, 1/6/2019

  • Bacaan: Ayub 15-17; Kisah Para Rasul 2-3
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: Kisah Para Rasul 2:34-41

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PB:

Petrus menyampaikan pesan kebenaran yang sangat penting dalam kisah ini, dengan pertama-tama membuka pikiran para pendengarnya melalui sebuah nubuatan di Perjanjian Lama, “Sebab bukan Daud yang naik ke surga, malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu.” Setelahnya, Petrus menyatakan penjelasan selanjutnya, “Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus.” Hati para pendengar pun menangkap kebenaran ini. Mereka terharu dan bertanya, “Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?” Petrus menjawab tegas, “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.” Karena mengerti dan berespons terhadap kebenaran ini, tiga ribu jiwa dibaptis.

2019-10-11T16:01:42+07:00