//01/01/17 – Kerajaan Allah sudah dekat

01/01/17 – Kerajaan Allah sudah dekat

Minggu, 01/01/2017

KERAJAAN ALLAH SUDAH DEKAT

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius4:12-17

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apa yang Yesus lakukan setelah Yohanes ditangkap, sebagai penggenapan nubuatan Yes. 9:1-2? (ay. 12-13)

2. Apa yang dikatakan oleh Nabi Yesaya tentang bangsa-bangsa yang berdiam dalam kegelapan (hidup dalam kerajaan kegelapan)? (ay. 14-16)

3. Apa yangdikhotbahkan oleh Yesus kepada orang-orang yang hidup di dalam kerajaan kegelapan di daerah itu? (ay. 17)

 

PENGAJARAN:

Kerajaan Allah dikatakan “sudah dekat” karena Yesus menebus dosa-dosa manusia. Maka, pada hari Pentakosta,Kerajaan Allah dimanifestasikan. Yesus dinubuatkan oleh Nabi Yesaya (Yes. 9:1-2) akan melayani orang-orang Israel di daerah bangsa-bangsa lain, yang hidup dalam kegelapan. Apa isikhotbah Yesus kepada orang-orang yang hidup dalam kerajaan kegelapan? Di dalam khotbahNya, Yesus menawarkan Kerajaan Allah pada orang-orang yang hidup dalam kerajaan kegelapan. Tuhan Yesus menawarkan perpindahan kerajaan pada mereka. Nah, bagaimanakah caranya agar mereka dapat berpindah dari kerajaan kegelapan kepada Kerajaan Allah?

1. Bertobat: Mereka harus menyadari dan mengakui bahwa mereka ada didalam kerajaan kegelapan dan berpaling dari kerajaan gelap kepada Kerajaan Allah. Bertobat (bahasa Yunani: metanoia) artinya berbalik 180 derajat.

2. Percaya kepada kabar baik (Injil) tentang Kerajaan Allah: Tanpa iman, mereka tidak mungkin dapat berpindah kerajaan.

Ada cerita yang melukiskan hal ini.Sebuah negara yang dirusak oleh premanisme. Dalam negara itu,kerajaan premanlah yang berkuasa. Orang-orang yang dikuasai kerajaan preman menjadi jahat, merampok, membunuh dan memakai narkoba. Apa solusinya? Presiden negara itu mulai mencanangkan program pengampunan dan pemulihan kepada semua preman-preman dalam negara itu. Presiden menawarkan pengampunan dari hukuman mati bila mereka bersedia menyerah kepada pemerintah untuk ikut program rehabilitasi. Dua langkah apa yang harus ditempuh oleh setiap “preman”untuk“diselamatkan?

1.Mereka harus bertobat dari kerajaan preman. Bertobat artinya berbalik 180 derajatdan menyerah kepada pemerintah.

2.Percaya bahwa pemerintahnya baik dan mampu mengampuni dan memulihkan mereka.Ini adalah khotbah Yesus yang pertama yang dicatat oleh Matius. Yesus menawarkan perpindahan kerajaan.

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:26:44+07:00