//01/03/13 – Yesus Berpuasa

01/03/13 – Yesus Berpuasa

Jumat, 01/03/2013

YESUS BERPUASA

Bacaan Firman
Bacalah Matius 4:1-11 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan renungan
1. Mengapa Yesus perlu berpuasa? (ayat 1 dan 2)
2. Tiga jenis pencobaan apakah yang iblis lakukan terhadap Yesus? (ayat 3, 6, 8 dan 9).

Pada tanggal 4 Maret 2013, kita akan memulai puasa kita secara bersama-sama selama 21 hari. Oleh sebab itu, sebelum memulai puasa, kita perlu memahami apa itu puasa, mengapa kita berpuasa, bagaimana kita berpuasa dan berkat apa saja yang akan diberikan oleh Tuhan kepada orang yang mengambil puasa. Mengapa Yesus berpuasa selama 40 hari? Bukankah Dia adalah Anak Allah? Bukankah Dia bisa memulai pelayananNya tanpa perlu susah-susah untuk berpuasa panjang sampai 40 hari? Pernahkah kita berpikir bahwa untuk memulai sesuatu yang besar, perlu mengambil puasa? Berpuasa artinya berpantang untuk makan demi tujuan rohani. Apa tujuan Yesus berpuasa selama 40 hari? Karena Yesus tahu bahwa yang Ia hadapi di dunia ini bukanlah darah dan daging (manusia), tapi setan-setan dan roh-roh jahat. Yesus tahu bahwa Ia akan dicobai oleh iblis untuk menggagalkan rencana Allah, Bapa dalam hidupNya. Ia akan dicobai sedemikian rupa agar Ia bisa gagal menggenapkan rencana Bapa. Untuk tujuan itulah Ia perlu menyiapkan diri dengan berpuasa. Ketika berpuasa, Yesus sedang mengalihkan diriNya dari hal-hal alami (makan setiap hari) kepada hal-hal supra alami, sehingga Ia dapat mengalahkan pencobaan dari iblis dengan memperkatakan Firman, “Ada tertulis: …..” Jika Anda berpuasa, maka Anda perlu membaca firman Tuhan, merenungkan dan memperkatakannya. Musuh Anda bukanlah manusia, tetapi roh-roh jahat yang mencobai Anda atau diri Anda dicobai oleh hawa nafsu Anda sendiri.

Berpuasa bukan sekedar menyangkal diri dalam bentuk tidak makan, tetapi berpuasa artinya, kita tidak sedang bergantung kepada kekuatan pikiran dan akal manusia. Kita juga bukan tergantung kepada kekuatan fisik kita, tetapi bergantung kepada kekuatan Roh Kudus dan Firman Tuhan. Ketika murid-murid Yesus tidak bisa mengusir roh jahat dalam diri seorang anak kecil yang sakit ayan (Matius 17:14-21), Yesus berkata bahwa jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa. Apa artinya? Sekali lagi ini meneguhkan kita bahwa untuk menang terhadap setan, kita perlu berpuasa. Ada hal-hal tertentu yang tidak dapat diterobosi dengan kekuatan pikiran dan kemampuan manusia, kecuali kekuatan Tuhan. Apakah Anda ingin menang terhadap masalah dan pencobaan? Apakah Anda memulai sesuatu dengan berpuasa? Akan banyak kemenangan yang disediakan oleh Tuhan bagi orang yang berpuasa. Selamat berpuasa.

Praktek:
Pencerahan apakah yang Anda dapatkan dari renungan ini? Pernahkah Anda berpuasa dan gagal? Apa komitmen Anda untuk dilakukan? Bagikanlah pengalaman Anda di komsel

2013-02-26T09:07:34+00:00