//02/01/14 – Bangsa Israel telah menolak air anggur baru

02/01/14 – Bangsa Israel telah menolak air anggur baru

Kamis, 02 Januari 2014

BANGSA ISRAEL TELAH MENOLAK AIR ANGGUR BARU

Bacaan Firman
Bacalah Matius 2:1-18; Markus 12:1-12 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apakah hati Herodes bersifat kantong kulit baru yang rindu menerima air anggur baru?
2. Mengapakah imam-imam Yahudi membocorkan rahasia tempat kelahiran Mesias walaupun mereka tahu Herodes berniat membunuh-Nya?
3. Apakah hati kita seperti bangsa Yahudi ataukah kita akan meminta Tuhan mendatangkan air anggur baru ke dalam kantong kulit baru? Apakah kita seperti penggarap kebun anggur yang hanya memelihara seenaknya sendiri dan menolak kedatangan air anggur baru?

Pada zaman Yesus, agama Yahudi sudah menjadi suatu sistem yang dikuasai oleh banyak peraturan manusia (Talmud) sebagai aplikasi Hukum Taurat. Sistem itu menjadi musuh kebenaran dan beban berat pada masyarakat. Para pemimpin mengutamakan posisi kehormatan daripada membangun hubungan intim dengan Tuhan. Akibatnya, pikiran mereka picik dan rela menolak penggenapan nubuatan-nubuatan Firman Tuhan. Hal ini nyata pada waktu Yesus melayani bangsa Israel. Walau Yesus adalah penggenapan nubuatan-nubuatan zaman Perjanjian Lama, para pemimpin Israel lebih mengutamakan posisi daripada melihat tergenapinya kebenaran Firman Tuhan. Herodes dinasihati oleh para imam dan ahli Taurat tentang di mana letak Mesias akan lahir. Jadi, Herodes menyuruh pasukannya untuk membunuh semua anak di bawah umur dua tahun di kawasan Betlehem. Di akhir masa pelayanan Yesus, para imam dan ahli Tauratlah yang berusaha untuk membunuh Yesus. Sistem kepemimpinan dan kursi kehormatan telah membuat mereka gila hormat, sehingga mereka menjadi musuh kebenaran (Yohanes 8:37-59; 11:45-53).Yesus menggambarkan sifat itu sebagai “kantong kulit tua” yang tidak mungkin dibaharui. Jika mengisi air anggur baru ke dalam kantong kulit tua, maka anggur baru mengoyakkan kantong kulit tua, sehingga kantongnya hancur dan air anggur terbuang. Sistem yang lama tidak mampu menerima pewahyuan yang baru.

Praktek
Doakanlah para pemimpin Abbalove yang baru, agar hati mereka selalu terbuka untuk menerima anggur baru. Mereka tidak tergoda menjadi seperti kaum Farisi dan imam di zaman Yesus yang telah menolak kebenaran demi posisi sendiri.

2013-12-17T03:55:44+07:00