//02/01/17 – Cara masuk dan melihat kerajaan Allah

02/01/17 – Cara masuk dan melihat kerajaan Allah

Senin, 02/01/2017

CARA MASUK DAN MELIHAT KERAJAAN ALLAH

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Yohanes 3:1-5

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Siapa yang datang mencari Yesus pada malam hari dan apa yang ia katakan tentang Yesus? (ay. 1-2)

2. Apa yang Yesus katakan tentang bagaimana seseorang melihat dan masuk kedalam kerajaan Allah? Apakah tanggapan Nikodemus atas pernyataan Yesus tersebut? (ay. 3-5)

3. Apa artinya dilahirkan dari air dan Roh? (Baca juga: Titus 3:3-5; Yohanes 1:12-13; Yehezkel 36:25-27)

 

PENGAJARAN:

Nikodemus hanya melihat Yesus sebagai Guru yang diutus oleh Tuhan. Ia belum mengerti tentang Kerajaan Allah, karena ia belum lahir baru. Ternyata, cara masuk kedalam kerajaan Allah adalah melalui kelahiran baru. Tanpa kelahiran baru, kita tidak mungkin masuk dan melihat Kerajaan Allah.

Ada seekor ayam yang sedang mengerami telur-telurnya. Si induk ayam bersemangat untuk menceritakan kepada anak-anaknya tentang betapa indahnya dunia yang ia lihat. Si induk ayam berkata, “Nak,kamu tahu nggak bahwa dunia ini sangat indah sekali. Ada sungai,gunung,danau,pohon dan bunga-bunga yang indaaaah sekali.” Lalu,si anak ayam menjawab dari dalam telur: “Mama ini ngomong apa? Kalau ngomong jangan yang tidak masuk akal, dong. Saya nggak lihat apa-apa, yang saya lihat hanyalah ruang yang sempit dan gelap.” Demikian juga dengan keadaan orang yang belum lahir baru, mereka dikurung oleh dunia sempit dan gelap.Mereka hanya masuk dan melihat dunia baru (Kerajaan Allah) jikamereka “menetas” dan keluar dari kerajaan kegelapan. Lalu, bagaimana kita bisa mengalami kelahiran baru? Kita tidak melahirkan diri,tetapi “dilahirkan kembali” oleh Tuhan. Kita harus dilahirkan kembali oleh air yang merupakan gambaran firman Tuhan, dan oleh pembaharuan yang dikerjakan Roh Kudus.

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:26:38+07:00