//02/02/17 – Kerajaan Allah tanpa iman

02/02/17 – Kerajaan Allah tanpa iman

Kamis, 02/02/2017

KERAJAAN ALLAH TANPA IMAN ?

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 17:14-21

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apa yang terjadi ketika Yesus dan murid-murid kembali dari gunung?Apa yang terjadi bila setan diusir dengan kuasa Roh Kudus? (ay. 14-16, 18)

2. Apa yang Yesus katakan dan lakukan ketika murid-murid gagal menyembuhkan anak yang sakit ayan? (ay. 16-18)

3. Menurut Yesus, mengapa murid-murid gagal mengusir setan dan menyembuhkan anak yang sakit ayan? Jadi, apa kuncinya untuk memiliki iman yang dapat menghadirkan kuasa Kerajaan Allah dan mengusir Setan? (ay.19-21)

 

PENGAJARAN:

Sebagai murid-murid kerajaan, mereka belajar untuk menghadirkan Kerajaan Allah lewat pelayanan pengusiran setan dan kesembuhan. Mengapa? Karena Kerajaan Allah hadir ketika setan diusir dan penyakit disembuhkan (Mat. 12:28).Yang tercatat sebelumnya adalah bahwa murid-murid selalu berhasil mengusir setan dan menyembuhkan orang sakit. Namun pada peristiwa ini murid-murid gagal menghadirkan kuasa Kerajaan Allah. Apakah penyebabnya? Penyebabnya adalah karena kurang percaya. Ternyata, keberhasilan dalam menghadirkan Kerajaan Allah tidak hanya bergantung kepada iman orang yang dilayani, tetapi juga kepada iman dari murid-murid yang melayani. Yesus tidak menegur anak yang sakit atau orang tuanya, tetapi murid-muridNya yang melayani. Persoalannya adalah kurang iman. Artinya, waktu seorang murid sedang belajar menghadirkan Kerajaan Allah, selalu ada kondisi/penyakit yang belum mampu ia atasi/sembuhkan.Mengapa? Sebab sebagai pemagang, seorang murid perlu belajar bertumbuh dalam iman. Lalu, Yesus mengungkapkan apa rahasia memiliki iman sebiji sesawi yang memindahkan gunung. Kuncinya adalah berdoa puasa. Sebab, lewat berdoa puasalah seorang murid belajar untuk lebih menyerahkan diri, lebih mengenal, lebih bergantung kepada Kristus dan kuasa kerajaanNya. Setelah Yesus bangkit dari kematian, barulah murid-murid belajar untuk mempraktikkan berdoa puasa.Ternyata, mereka bisa mengusir Setan dan menyembuhkan semua orang yang sakit dan yang dikuasai setan (Kis. 5:16). Akhirnya, sebagai pemagang mereka menjadi serupa dengan Yesus,Sang Guru.

2019-10-17T12:20:25+07:00