//02/03/13 – Murid-murid Yesus berpuasa

02/03/13 – Murid-murid Yesus berpuasa

Sabtu, 02/03/2013

MURID –MURID YESUS BERPUASA

Bacaan Firman
Bacalah Matius 6:1-18 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan renungan
1. Apakah puasa adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita sebagai murid Yesus?
2. Apakah ada upah untuk orang yang berpuasa?

Ketika Yesus mengajar tentang hal memberi dan berdoa, Ia melanjutkan dengan berpuasa. Artinya memberi, berdoa dan berpuasa adalah tiga pokok perkara yang sangat penting bagi kita untuk kita lakukan. Yesus memakai kata, “Dan apabila kamu berpuasa,” adalah kata yang sama yang juga dipakai untuk memberi dan berdoa. Sebab Yesus melanjutkan, “Jadi apabila engkau memberi sedekah, …(Matius 6:2). Lalu, dilanjutkan, “Dan apabila kamu berdoa, …”(Matius 6:8). ‘Apabila’ artinya ‘bila mana’ atau bahasa Inggrisnya, “When you fast.” Penekanan Yesus di sini menunjukkan bahwa berpuasa adalah sesuatu yang biasa dilakukan oleh Yesus, murid-murid dan oleh bangsa Yahudi pada waktu itu. Jadi, apakah Anda sering berpuasa sesering Anda berdoa? Atau apakah Anda berpuasa sesering Anda memberi? Mengapa berpuasa begitu penting sampai Tuhan berjanji untuk memberi upah kepada orang yang berpuasa? Berpuasa akan menyenangkan hati Tuhan ketika motivasi berpuasa adalah untuk menyenangkan Tuhan. Tuhan berfirman lewat nabi Zakharia, “Katakanlah kepada seluruh rakyat negeri dan kepada para imam, demikian: Ketika kamu berpuasa dan meratap dalam bulan yang kelima dan yang ketujuh selama tujuh puluh tahun ini, adakah kamu sungguh-sungguh berpuasa untuk Aku?”(Zakharia 7:5). Pernahkah kita melihat kebenaran bahwa puasa adalah ibadah kepada Tuhan, seperti datang ke pertemuan hari minggu? Beribadah dan berpuasa adalah dua kata yang sering dipakai berdampingan.

Hana adalah seorang janda dan nabiah yang diberi upah oleh Tuhan untuk melihat bayi Yesus, karena “Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa,” (Lukas 2:57). Kita juga melihat lima pemimpin jemaat di Antiokhia diberi upah oleh Tuhan dengan mendapatkan arahan dari Roh Kudus, agar jemaat berkembang karena ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka,”(Kisah Para Rasul 13:2). Maukah Anda berpuasa untuk Tuhan? Maukah Anda beribadah kepada Tuhan dengan berpuasa? Anda pasti akan menerima upah dari Tuhan dengan cara Tuhan dan waktu Tuhan.

Praktek:
Evaluasilah diri Anda setelah membaca renungan firman Tuhan hari ini. Hal apakah yang perlu Anda ubah agar menunjukkan komitmen Anda kepada Tuhan. Bagikanlah pengalaman Anda di komsel untuk didoakan.

2013-02-26T09:09:33+00:00