//02/12/13 – Keintiman menghasilkan buah

02/12/13 – Keintiman menghasilkan buah

Senin, 02 Desember 2013

KEINTIMAN MENGHASILKAN BUAH

Bacaan Firman
Bacalah Yohanes 15:5-8 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang harus dilakukan oleh seseorang agar berbuah banyak? (ayat 5). Apa yang akan terjadi pada orang yang tidak tinggal di dalam Kristus? (ayat 6).
2. Apa janji Tuhan bagi orang yang tinggal dalam Kristus dan Firman tinggal dalam dia? (ayat 7). Apa tandanya bahwa seseorang adalah murid sejati? (ayat 8).

Apakah Anda rindu menghasilkan buah? Untuk menghasilkan buah, kita tidak perlu bergumul keras dengan kekuatan kita. Di luar Kristus, kita tidak dapat berbuat apa-apa. Buah atau karakter Kristus hanya bisa dihasilkan oleh persekutuan “saling” antara kita dan Kristus. Apakah hubungan “saling” itu? Ada 2 hal:

1. Kita tinggal di dalam Kristus, artinya kita bersatu dengan Kristus. Prinsipnya, kita memang telah bersatu dengan Kristus, tetapi kita harus menghayati kesatuan kita dengan Dia. Kita harus terus-menerus menghayati kesatuan kita dengan merenungkan, membayangkan, dan menikmatinya setiap saat. Cara kita tinggal di dalam kasih Kristus adalah dengan saling mengasihi (Yohanes 15:9-10, 12).

2. Kristus (Firman) tinggal di dalam kita. Kristus memang sudah berdiam di dalam kita, tapi kita tidak boleh berhenti sampai di situ, kita harus membiarkan firman Tuhan tertanam di dalam memori bawah sadar kita. Ketika pengetahuan tentang firman Tuhan tertanam dalam memori bawah sadar kita, maka firman Tuhan akan manunggal dengan kita. Firman Tuhan itu juga akan menggerakkan kita untuk berdoa. Doa-doa yang digerakkan oleh firman yang tertanam di pikiran bawah sadar adalah doa yang pasti dijawab. Doa-doa yang demikian membuat kita berbuah banyak. Dengan demikian, kita adalah murid-murid Kristus sejati yang memuliakan Bapa.

Praktek
1. Renungkan bahwa Anda bersatu dengan Kristus. Hayatilah kesatuan tersebut dengan otak kiri dan otak kanan Anda.
2. Renungkanlah Yohanes 15:7 secara berulang-ulang dan doakan firman itu.

2013-11-23T02:54:16+07:00