03/04/19

Rabu, 3/4/2019

  • Bacaan: 2 Samuel 10-12; 1 Yohanes 5; 2 Yohanes 1
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: 2 Yohanes 1:4-11

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Surat Yohanes yang kedua ini ditulis oleh “pemimpin jemaat” kepada “Ibu yang dipilih oleh Allah” dan kepada anak-anaknya yang dicintai. Mungkin yang dimaksud dengan “ibu dan anak-anaknya” ialah sebuah jemaat dan anggota-anggotanya. Dalam suratnya yang pendek ini, penulis meminta dua hal kepada setiap murid Kristus. Pertama, agar supaya mereka mengasihi satu sama lain. Kedua, supaya mereka waspada terhadap guru-guru palsu dan ajaran sesat dari guru palsu itu. Apa itu ajaran palsu dan sesat? Penulis memberikan penjelasannya, “Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.” Oleh karena itu, kita diminta untuk, “Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya. Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barang siapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak.”

2019-10-12T09:44:04+07:00