//03/10/2020 – Melekat pada Pokok Anggur

03/10/2020 – Melekat pada Pokok Anggur

Sabtu, 3/10/2020

Melekat pada Pokok Anggur

Bacaan harian setahun: Yeremia 7-8; Yohanes 15-16

Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar Anda dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman (PB): Yohanes 15:1-8

  1. Siapakah pokok anggur yang benar? Apa yang terjadi pada kita sebagai ranting jika kita melekat pada pokok anggur itu? (ay. 1-2, 5)
  2. Sebaliknya, apa yang terjadi jika kita tidak tinggal pada pokok anggur? (ay. 6)

 

Renungan pendalaman:

Dalam renungan hari ini, Yesus berkata, “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya dia lebih banyak berbuah.” Kita adalah ranting-ranting pohon anggur dan kita masing-masing harus berbuah. Berbuah hanya dapat terjadi pada kita jika kita tetap melekat pada pokok, “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau dia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.” Yesus menjelaskan pula, “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, dia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, dia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.” Di luar Yesus, kita tak berguna; tetapi di dalam Yesus, kita akan berbuah-buah dan menikmati berkat yang luar biasa sesuai kehendak-Nya, “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan Firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

 

Renungan singkat: Yohanes 15:1-2

Agar tetap berbuah, ranting harus tumbuh sehat dan kuat. Bagaimana kita dapat tumbuh sehat dan kuat secara rohani? Tetaplah melekat kepada Tuhan dan renungkan Firman-Nya setiap hari.

2020-09-26T15:14:57+07:00