//03/12/15 – Waktunya membangun rumah Tuhan

03/12/15 – Waktunya membangun rumah Tuhan

Kamis, 03/12/2015

WAKTUYA MEMBANGUN RUMAH TUHAN

M1 – Membaca firman di hadirat Kristus
Hagai 1:1-14

 

M2 – Merenungkan firman di hadirat Kristus

1. Apa yang dikatakan bangsa Israel tentang pembangunan rumah Tuhan? (ay. 2)

2. Bagaimana keadaan bangsa Israel menurut ayat 6? Apa perintah Tuhan? (ay. 7-8)

3. Apa yang terjadi pada Israel ketika mereka membiarkan rumah Tuhan menjadi reruntuhan, karena masing-masing sibuk dengan rumahnya sendiri? (ayat 9-11)

4. Bagaimana respons Zerubabel bin Sealtiel, Yosua bin Yozadak, dan Israel saat mendengar firman Tuhan yang disampaikan oleh Nabi Hagai? (ayat 12-14)

 

Keadaan bangsa Israel tidak baik saat membiarkan rumah Tuhan menjadi reruntuhan, karena mereka masing-masing sibuk dengan rumahnya sendiri. Mereka berkata, “Belum waktunya untuk membangun rumah Tuhan.” Akibatnya, segala upaya mereka menjadi sia-sia: menabur banyak, tetapi menuai serba sedikit. Makan banyak, tetapi tidak sampai kenyang. Minum banyak, tetapi tidak sampai puas. Berpakaian berlapis-lapis, namun badannya tidak menjadi hangat/panas. Mereka bekerja untuk mendapatkan upah, tetapi upahnya segera habis seperti ditaruh di dalam pundi-pundi yang berlubang. Itulah kondisi orang-orang Israel pada saat itu. Bagaimana dengan kondisi kita sendiri saat ini? Sekarang waktunya! Jangan sibuk dengan urusan sendiri lagi, karena Tuhan memanggil kita untuk turut serta dalam membangun rumahNya, dan Dia siap untuk memulihkan keadaan kita.

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T14:24:00+07:00