04/04/19

Kamis, 4/4/2019

  • Bacaan: 2 Samuel 13-15; 3 Yohanes 1; Yudas 1
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 2 Samuel 13:1-22

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Dosa nafsu dan zinah yang pernah dilakukan Daud ternyata dilakukan ulang oleh anaknya, Amnon. Amnon terpikat oleh nasihat yang tidak benar dari Yonadab, anak Simea yang menjebaknya untuk jatuh ke dalam dosa seks. Karena tergoda, Amnon nekad memperkosa Tamar, adik perempuannya. Hal ini membuat marah Raja Daud, selaku ayah Amnon. Namun sayangnya, Daud tidak menegur dan bertindak tegas terhadap dosa yang telah dilakukan anaknya. Absalom (kakak sekandung Tamar) menjadi marah dan benci dengan Amnon sebab Amnon telah memperkosa adiknya; ia pun menunggu saat yang tepat untuk membunuh Amnon. Dosa yang ada dalam keluarga Daud adalah konsekuensi dari dosa Daud sebelumnya. Dosa telah menimbulkan perpecahan dalam keluarga Daud. Dosa membawa kepada kematian. Ini adalah pelajaran penting agar kita menjauhi dosa.

2019-10-12T09:43:59+07:00