//04/01/17 – Menjadi murid Kerajaan Allah

04/01/17 – Menjadi murid Kerajaan Allah

Rabu, 04/01/2017

MENJADI MURID KERAJAAN ALLAH

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 4:18-20

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Siapa yang dijumpai oleh Yesus? Apa yang Yesus katakan pada mereka? (ay. 18-19)

2. Apa yang kemudian dilakukan oleh mereka? (ay. 20)

3. Apa artinya menjadi murid Kristus?

 

PENGAJARAN:

Setelah Yesus menyatakan datangnya Kerajaan Allah, Ia mulai memanggil murid-murid untuk mengikuti Dia. Mari kita mempelajari apa artinya menjadi murid Kristus. Pada masa sekarang, pemuridan adalah BELAJAR BERBAGAI PELAJARAN ALKITAB DIKELAS, MENGIKUTI BIBLE STUDY DI KELOMPOK KECIL atau ONE ON ONE.  Hal-hal diatas tentunya baik,namun bukan esensi dari pemuridan. Apakah pemuridan itu? MURID dalam bahasa Yunaninya adalah MATHETES,yang berarti seorang “PENGIKUT yang belajar sebagai PEMAGANG.”

Semua ini berdasarkankonsep belajar orang Yahudi. Orang Yahudibelajar dengan seorang rabi di sinagogasemasa usia 5-14 tahun. Namun, pada usia 14-30 tahun, orang Yahudi masuk ke sekolah tinggi (Beth Talmud). Pada tingkat ini, mereka tidak lagi belajar di sinagoga, tetapi langsung di lapangan melalui PEMAGANGAN. Seorang murid diterima oleh seorang rabi berdasarkan potensinya untuk menjadi SERUPA DENGAN RABINYA. Jika seorang murid memiliki potensi menjadi sama sepert rabinya, sang rabi akan berkata,“Ikutlah aku, maka kamu akan kujadikan serupa dengan aku.”

Itulah sebabnya ketika Yesus bertemu murid-murid, Ia berkata, “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan serupa dengan Aku (PENJALA MANUSIA).” Jadi, pemuridan adalah mengikut Yesus sebagai PEMAGANG untuk belajar menjadi PENJALA MANUSIA. Berarti semakin kita mengikut Yesus dan menjadi PEMAGANGNYA,kita akan semakin terbeban, bersemangat, dan ahli dalam memenangkan jiwa. Tetapi,banyak pemuridan yang telah dipraktikkan sekarang hampir tidak ada kaitannya dengan menjadi penjala manusia. Berarti apa yang dipraktikkan itu bukanlah pemuridan sejati. Oleh karena itu, walaukita bertemu 2-3 orang didalam Kompak, tetapi sebenarnya Yesuslah yang membawa kompak kita ke lapangan untuk mengajar kita tentang bagaimana menjadi PEMENANG JIWA.

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:26:26+07:00