//04/07/13 – Mengalami =bersaksi

04/07/13 – Mengalami =bersaksi

Kamis, 04/07/2013

MENGALAMI = BERSAKSI

Bacaan Firman
Bacalah Kisah Para Rasul 22:1-22 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Kepada siapakah Paulus bersaksi? (ayat 1-5).
2. Pengalaman tentang apakah yang disaksikan oleh Paulus?(ayat 6-22).

Selama satu bulan ini, kita akan belajar tentang bagaimana bersaksi, kepada siapa kita bersaksi, apa yang kita saksikan dan kuasa apa yang menyertai ketika kita bersaksi. Renungan hari ini menyoroti pengalaman Paulus ketika bersaksi kepada orang-orang Yahudi. Kesaksian Paulus memenuhi tiga unsur penting dalam sebuah kesaksian, yaitu (1). Paulus bersaksi tentang pengalaman hidup yang ia jalani sebelum bertemu Yesus. (2). Kemudian apa yang terjadi atas hidupnya ketika bertemu Yesus. (3). Lalu, kehidupan yang dijalani setelah ia bertemu dengan Yesus.

Paulus bersaksi kepada orang-orang Yahudi tentang hidup sebelum bertemu Yesus di tengah jalan. Katanya, “Aku adalah orang Yahudi, lahir di Tarsus di tanah Kilikia, tetapi dibesarkan di kota ini; dididik dengan teliti di bawah pimpinan Gamaliel dalam hukum nenek moyang kita, sehingga aku menjadi seorang yang giat bekerja bagi Allah sama seperti kamu semua pada waktu ini. Dan aku telah menganiaya pengikut-pengikut Jalan Tuhan sampai mereka mati; laki-laki dan perempuan kutangkap dan kuserahkan ke dalam penjara. Tentang hal itu baik Imam Besar maupun Majelis Tua-Tua dapat memberi kesaksian. Dari mereka aku telah membawa surat-surat untuk saudara-saudara di Damsyik dan aku telah pergi ke sana untuk menangkap penganut-penganut Jalan Tuhan, yang terdapat juga di situ dan membawa mereka ke Yerusalem untuk dihukum,”(ayat 3-5) setelah Paulus menceritakan latar belakangnya, ia langsung menceritakan apa yang dialaminya, “Tetapi dalam perjalananku ke sana, ketika aku sudah dekat Damsyik, yaitu waktu tengah hari, tiba-tiba memancarlah cahaya yang menyilaukan dari langit mengelilingi aku. Maka rebahlah aku ke tanah dan aku mendengar suatu suara yang berkata kepadaku: Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku? Jawabku: Siapakah Engkau, Tuhan? Kata-Nya: Akulah Yesus, orang Nazaret, yang kauaniaya itu,”(ayat 6-8) lalu, ia bersaksi tentang tugas yang diemban dari Tuhan, “Maka kataku: Tuhan, apakah yang harus kuperbuat? Kata Tuhan kepadaku: Bangkitlah dan pergilah ke Damsyik. Di sana akan diberitahukan kepadamu segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu,”(ayat 10). Inilah tiga unsure kesaksian yang harus kita sampaikan dari pengalaman kita dengan Tuhan. Paulus telah memiliki pengalaman dengan Tuhan, karena itu ia bersaksi. Orang yang sudah mengalami Tuhan pasti bisa menyaksikan tiga unsure penting diatas, karena ia pasti mengalami perubahan hidup.

Praktek.
Apakah Anda terbiasa menyaksikan pengalaman Anda dengan Tuhan? Jika belum, buatlah komitmen untuk mempraktekkannya mulai dari sekarang.

2013-06-29T02:25:17+07:00