//04/07/2012 – Rencana Tuhan melampaui rencana Manusia

04/07/2012 – Rencana Tuhan melampaui rencana Manusia

Rabu, 04/07/2012

RENCANA TUHAN MELAMPAUI RENCANA MANUSIA

Bacaan Firman :
Bacalah Yeremia 29:10-14 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan

1. Seperti apakah rencana Tuhan bagi kita sebagai umat-Nya?(ayat 10-11). 
2. Bagaimana caranya rencana Tuhan tersebut bisa digenapi dalam hidup kita? (ayat 12-14).

Dari bacaan firman Tuhan hari ini, kita menemukan jawaban yang luar biasa. Mengapa? Karena nabi Yeremia menulis surat ini kepada orang-orang Israel yang hidup di dalam masa-masa penawanan mereka di Babel. Pada saat itu, mereka ingin kembali ke tanah kelahiran mereka di Israel. Namun, ide untuk kembali ke Israel hanyalah rencana manusia. Tuhan berfirman kepada Yeremia untuk mengirim surat kepada orang Israel yang hidup dalam penawanan, bahwa rencana Tuhan melampaui apa yang direncanakan oleh manusia. Yeremia menulis, “Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini. Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan,”(ayat 10-11). Seandainya orang-orang Israel nekad untuk kembali ke tanah kelahiran mereka, maka mereka tidak akan mendapatkan rancangan Tuhan yang melampaui rencana mereka yakni masa depan yang penuh harapan.

Apakah kita pernah mempunyai rencana besar dalam hidup kita? Jika ya, maka kita perlu berdoa, apakah rencana kita sesuai dengan rencana Tuhan?  Mengapa sebab, rencana Tuhan tersebut hanya dapat diraih melalui doa. Kata Tuhan, “Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu,”(ayat 12-14). Apakah Anda sudah mengetahui rencana Tuhan yang melampaui rencana Anda? Jika belum, maka mulailah berdoa untuk menemukan panggilan itu.

Praktek
Apakah Anda sedang berdoa untuk kebutuhan keluarga, pekerjaan, atau pelayanan Anda? Bukalah mata rohani Anda agar melihat rencana Tuhan yang jauh melampaui rencana Anda. Apa yang Anda alami saat, bagikanlah itu di komsel.

2012-06-30T02:36:02+00:00