//04/10/13 – Kekuatan gagasan dan gambar

04/10/13 – Kekuatan gagasan dan gambar

Jumat, 04 Oktober 2013

KEKUATAN GAGASAN & GAMBAR

Bacaan Firman
Bacalah Matius 6:22-24 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang Yesus katakan tentang mata? Kekuatan apa yang ada pada mata hati (ayat 22-23)?
2. Apa kata Alkitab tentang Allah dan mamon (ayat 24)?

Semua sikap dan tingkah laku seseorang ditentukan oleh mata hatinya. Bila mata hatinya jahat, maka gelaplah seluruh tubuhnya. Lalu, apakah yang menentukan jahat atau baiknya mata hati seseorang? Jawabannya adalah gagasan dan gambar yang pernah dilihat atau terus-menerus dilihat sampai terkubur di dalam alam bawah sadarnya. Gagasan adalah suatu ide, yaitu interpretasi yang berkesan (positif atau negatif) tentang sesuatu. Misalnya: gagasan tentang Tuhan, gereja, uang, diri sendiri, orang lain, bangsa, dan lain sebagainya. Gagasan merupakan interpretasi yang benar atau salah tentang sesuatu. Gagasan biasanya bekerja sama dengan gambar. Contoh tentang gagasan dan gambar yang salah adalah pada pencobaan di taman Eden. Setan menghancurkan Adam dan Hawa agar berdosa bukanlah dengan senjata fisik ataupun dengan memaksa mereka berbuat dosa. Strategi setan adalah menaruh sebuah gagasan dan gambaran yang keliru di pikiran mereka, bahwa, “Allah tidak dapat dipercaya, karena itu Hawa harus mengandalkan diri sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.” Ketika gagasan dan gambar yang keliru tentang Allah masuk dalam memori alam bawah sadar Hawa, maka hal itulah yang menggerakkan diri Hawa untuk memberontak kepada Allah dan hidup mengandalkan kekuatannya sendiri. Gagasan dan gambar sangat hebat pengaruhnya. Contoh tentang gagasan dan gambar yang salah atau berdosa:
1). Jika Allah baik, mengapa ada perang?
2). Allah tidak adil.
3). Allah suka mencobai kita.
4). Saya tidak berharga.
5). Uang adalah segala-galanya.
6). Wanita yang bertubuh sexy selalu menjerumuskan pria ke dalam dosa.
Jadi, jika mata hati kita baik, maka hal-hal yang baiklah yang akan terpancar keluar dari diri kita. Ubahlah gambar dan gagasan Anda sesuai kehendak Allah, maka hal-hal yang memuliakan Allah pasti timbul di hati.

Renungan Firman
Temukan gagasan dan gambar yang salah/berdosa di dalam memori Anda dan bereskan di hadapan Tuhan. Temukan juga gagasan dan gambar yang benar dan praktekkan untuk pembaharuan pikiran Anda. Bagikan pengalaman Anda di komsel.

2013-09-26T02:40:30+07:00