//04/11/12 – Penyembah sejati yang tidak kompromi

04/11/12 – Penyembah sejati yang tidak kompromi

Minggu, 04/11/2012

PENYEMBAH SEJATI YANG TIDAK KOMPROMI

Bacaan Firman
Bacalah Daniel 3:8-23 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan.
1. Menurut Anda siapakah sesungguhnya orang Kasdim yang di tulis dalam ayat 8?
2. Apakah konsekwensinya jika Sadrakh, Mesakh dan Abednego tidak mematuhi perintah raja? (ayat 15)

Para penyembah sejati yang menyembah Allah karena mengenal DIA, dan telah mengalami kuasa dan pertolonganNya tidak akan pernah berkompromi sekalipun banyak intimadasi dan tekanan dalam kehidupan. Ceritra Sadrakh, Mesakh dan Abednego dalam bacaan kita hari ini adalah bukti bahwa kuasa kegelapan tidak akan pernah berhenti berjuang untuk menghalangi orang-orang percaya yang rindu dan ingin hidup dalam penyembahan yang intim dengan Allah. Semakin kita berkomitmen, semakin besar tantangan yang kita hadapi. Orang Kasdim yang iri hati kepada Daniel dan kawan- kawannya adalah gambaran dari kuasa kegelapan yang hari-hari ini sedang berjuang untuk membuat kita berkompromi dengan iman kita kepada Tuhan. Sayangnya banyak orang percaya yang masih tergoda dan kompromi bahkan meninggalkan Tuhan demi uang, jabatan, atau seorang pria atau seorang wanita. Daniel dan kawan-kawannya berkata, “Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini. Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.”

Sampai pada posisi di mana mereka mengucapkan komitmennya, mereka belum tahu apakah Tuhan akan menolong mereka atau tidak. Cerita ini berlanjut dengan kemarahan raja yang akhirnya melemparkan Sadrakh, Mesakh dan Abednego kedalam perapian yang menyala-nyala. Inilah konsekwensi dari suatu komitmen untuk tidak kompromi dengan bujuk rayu dunia ini. Yesus berkata setiap orang yang mau mengikut Aku ia harus menyangkal diri dan pikul salib setiap hari. Kita diperhadapkan dengan berbagai tantangan dan pergumulan hidup, tetapi percayalahlah ketika kita berkata tidak pada bujuk rayu Iblis, justru disana akan ada pembelaan Tuhan yang luar biasa.

Praktek
Komitmen apakah yang Anda mau lakukan untuk tetap menyembah Tuhan dalam situasi-situasi sulit dalam kehidupan? Bagikan pengalaman Anda di komsel.

2012-10-25T04:17:59+00:00