//05/07/13 – Bersaksi karena TAAT

05/07/13 – Bersaksi karena TAAT

Jumat, 05/07/2013

BERSAKSI KARENA TAAT

Bacaan Firman
Bacalah Kisah Para Rasul 26:1-23 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang Paulus ceritakan pertama-tama kepada Raja Agripa? (ayat 2-12).
2. Bagaimana Paulus memfokuskan kesaksian pada Yesus dan tugas berikutnya? (ayat 13-23).

Dalam renungan Saat Teduh kemarin, kita telah melihat tiga unsur kesaksian yang dipakai oleh Paulus untuk bersaksi tentang apa yang dialaminya. Dalam bacaan hari ini, kita melihat Paulus tetap taat untuk bersaksi dan konsisten memakai tiga unsur ini untuk bersaksi kepada Agripa. Mula-mula ia menjelaskan tentang kehidupan masa lalu yang dijalani, tetapi tiba-tiba ia berubah fokus dan mengarahkan perhatian raja kepada Yesus. Katanya, “Tiba-tiba, ya raja Agripa, pada tengah hari bolong aku melihat di tengah jalan itu cahaya yang lebih terang dari pada cahaya matahari, turun dari langit meliputi aku dan teman-teman seperjalananku. Kami semua rebah ke tanah dan aku mendengar suatu suara yang mengatakan kepadaku dalam bahasa Ibrani: Saulus, Saulus, mengapa engkau menganiaya Aku? Sukar bagimu menendang ke galah rangsang,”(ayat 13-14). Paulus menjelaskan kuasa Yesus yang tak terbantahkan kepada Raja Agripa. Ia melanjutkan, “Tetapi aku menjawab: Siapa Engkau, Tuhan? Kata Tuhan: Akulah Yesus, yang kauaniaya itu. Tetapi sekarang, bangunlah dan berdirilah. Aku menampakkan diri kepadamu untuk menetapkan engkau menjadi pelayan dan saksi tentang segala sesuatu yang telah kaulihat dari pada-Ku dan tentang apa yang akan Kuperlihatkan kepadamu nanti. Aku akan mengasingkan engkau dari bangsa ini dan dari bangsa-bangsa lain. Dan Aku akan mengutus engkau kepada mereka, untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan,”(ayat 15-18). Lalu, ia memberi penekanan yang luar biasa, “Sebab itu, ya raja Agripa, kepada penglihatan yang dari sorga itu tidak pernah aku tidak taat,”(ayat 19). Ketaatan adalah motivasi kesaksian Paulus. Bagaimana dengan Anda?

Praktek.
Pencerahan apakah yang Anda dapatkan dari renungan hari ini? Komitmen apakah yang akan Anda lakukan? Bagikan pengalaman Anda di komsel.

2013-06-29T02:26:28+07:00