//05/08/16 – Kebenaran Taurat di dalam hati

05/08/16 – Kebenaran Taurat di dalam hati

Jumat, 05/08/2016

KEBENARAN TAURAT DI DALAM HATI

M1 – Membaca firman di hadirat Kristus

Matius 5:17-20

 

M2 – Merenungkan firman di hadirat Kristus

1. Apa yang Yesus katakan tentang tujuan kedatanganNya? Apa pula yang dikatakanNya tentang hukum Taurat? (ay. 17-18)

2. Jadi, siapakah yang menduduki tempat yang rendah dan siapa yang menduduki tempat yang tinggi dalam Kerajaan Allah? (ay. 19)

3. Pada orang-orang yang hidup di dalam Kerajaan Allah, aspek apakah yang harus melebihi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi? (ay. 20)

Tujuan kedatangan Yesus bukanlah untuk meniadakan Taurat, tetapi untuk menggenapinya. Artinya, Yesus datang untuk menjelaskan arti Taurat yang sesungguhnya. Yesus menyatakan bahwa Perjanjian Lama hanyalah bayang-bayang dari Dia, yang adalah realitasnya/kenyataannya/penggenapannya. Tuhan Yesus juga menggenapinya (melakukannya) bagi kita yang gagal menaati hukum Taurat. Yesus menuliskan hukum Taurat itu di hatiNya dengan cara melakukannya dengan sempurna. Yesus menjadi Firman/Taurat yang hidup. Karena Yesus tinggal di dalam kita, dengan demikian Yesus menuliskan hukum Taurat di dalam hati kita, sehingga kita pun dapat melakukannya “di dalam Kristus” (Ibr. 8:10-13; Yeh. 36:25-27). Setelah Yesus melakukan Taurat dengan sempurna bagi kita, melalui Roh Kudus dan kekuatan Kristus yang berdiam di dalam kita, kita dapat menaati Taurat. Itulah sebabnya, dengan demikian kita hidup dalam keagamaan yang melebihi hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Yesus yang tinggal dalam kitalah yang akan mengajar kita untuk taat melakukan TauratNya.

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2016-07-26T07:46:48+07:00