//05/11/13 – Perbendaharaan hati yang baik

05/11/13 – Perbendaharaan hati yang baik

Selasa, 05 November 2013

PERBENDAHARAAN HATI YANG BAIK

Bacaan Firman
Bacalah Lukas 6:43-45 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Prinsip apakah yang diajarkan tentang hubungan antara pohon dan buahnya? (ayat 43) Mengapa? (ayat 44).

2. Dari manakah seseorang mengeluarkan barang (baik atau jahat)? (ayat 45). Menurut Anda, apakah perbendaharaan hati itu?

Perbendaharaan adalah tempat menyimpan barang-barang berharga. Barang-barang berharga bagi manusia adalah pikiran-pikiran yang tersimpan di dalam memori bawah sadar. Pikiran adalah sumber yang menentukan semua perasaan, sikap, perbuatan dan karakter seseorang. Pikiran dapat menentukan kehidupan seseorang. Semua pikiran yang berkesan, entah baik atau jahat, disimpan di memori bawah sadar kita. Selama kita tidak mengubah perbendaharaan hati kita, maka tidak ada perubahan hidup yang dapat terjadi. Kita perlu dengan rajin melakukan pembaharuan pikiran / hati, agar perbendaharaan hati kita menjadi baik. Ingat, kita tidak dapat mengalami pembaharuan hati / pikiran hanya dengan usaha pribadi saja. Memang kita harus bertanggung jawab secara pribadi, tapi pembaharuan pikiran baru dapat terjadi dengan sempurna bila kita melakukannya secara korporat di dalam sebuah komunitas yang saling mengasihi (komunitas agape). Jadi, maukah Anda mengalami pembaharuan yang dimaksudkan oleh firman Tuhan? Mari, kita terus-menerus mempraktekkannya di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Praktek
1. Bagaimanakah caranya agar Anda dapat terus-menerus mengalami transformasi hati dalam sebuah komunitas yang saling mengasihi (komunitas sel / pemuridan one on one)?
2. Menanam firman Tuhan: Renungkan dan perkatakan berulang-ulang Matius 12:35-37.

2013-10-22T04:55:47+07:00