//06/01/17 – Kabar baik tentang kerajaan Allah

06/01/17 – Kabar baik tentang kerajaan Allah

Jumat, 06/01/2017

KABAR BAIK TENTANG KERAJAAN ALLAH

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 5:1-12

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

Bila kita membandingkan perikop ini dengan Lukas 6:20-26, yang hanya mencatat empat kata bahagia, maka jelaslah bahwa perikop ini bukan berbicara tentang SYARAT-SYARAT MASUK KERAJAAN ALLAH, ataupun BUAH-BUAH ORANG YANG HIDUP DALAM KERAJAAN ALLAH. Dallas Willard berkata bahwa ini adalah HARAPAN ATAU KABAR BAIK BAGI ORANG-ORANG YANG BERMASALAH/BERIDEALISME yaitu ORANG-ORANG MENURUT DUNIA TIDAK MUNGKIN BERBAHAGIA. Namun,jikamereka menjawab panggilan dan masuk dalam Kerajaan Allah, mereka akan berbahagia.

1. Orang yang miskin jasmani dan rohani (ay. 3)

2. Orang yang banyak persoalan dan selalu ditimpa kedukaan (ay. 4)

3. Orang yang “lemah lembut” (orang yang haknya selalu dirampas) (ay. 5)

4. Orang yang haus dan lapar akan kebenaran (pejuang hak asasi) (ay. 6)

5. Orang yang murah hati (pekerja sosial/orang yang suka menolong) (ay. 7)

6. Orang yang “suci hatinya” (orang yang idealis/perfeksionis)(ay. 8)

7. Orang yang membawa damai (negosiator) (ay. 9)

8. Orang yang dilarang bertemu Yesus dan dianiaya (ay. 10-12)

 

PENGAJARAN:

Di dalam dunia yang telah dikuasai oleh kegelapan, manusia tidak akan mungkin menemukan kebahagiaan. Orang yang sekarang miskin secara jasmani dan rohani menurut dunia tidak mungkin berbahagia.Namun bila mereka masuk dalam Kerajaan Allah, mereka itulah yang MEMILIKI KERAJAAN ALLAH. Orang yang sekarang mengalami banyak persoalan dan ditimpa kedukaan menurut dunia tidak mungkin berbahagia,tetapi bila mereka masuk kedalam Kerajaan Allah,maka mereka pasti DIHIBUR.

Demikianlah selanjutnya orang yang dirampas haknya, karena pejuang hak asasi yang tidak pernah puas, pekerja sosial yang selalu “dimanfaatkan”, kaum idealis dan perfeksionis yang stess karena selalu melihat ketidaksempurnaan, negosiator yang selalu dimusuhi oleh kedua pihak yang didamaikan,dan orang yang dianiaya karena Yesus, mereka semua kalau masuk kedalam Kerajaan Allah PASTI AKAN BERBAHAGIA.Sebab, Allah pasti menjawab kebutuhan mereka.  Jadi, menurut Dallas Willard, kita bisa saja mengkontekskan kebenaran ini dengan: Berbahagialah orang yang botak, yang pendek, yang dari kampung, dll. sesuai dengan kondisi yang sering dipandang di masyarakat sulit atau tidak mungkin berbahagia.

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:26:15+07:00