07/05/19

Selasa, 7/5/2019

  • Bacaan: 2 Tawarikh 12-14; Markus 15-16
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 2 Tawarikh 14:2-15

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PL:

Meskipun Israel mengalami masa suram dengan terpecahnya bangsa itu menjadi dua kerajaan yakni Yehuda dan Israel, Tuhan tidak pernah melupakan umat-Nya, khususnya ketika seorang raja melakukan apa yang benar di mata-Nya. Dikatakan, “Asa melakukan apa yang baik dan yang benar di mata TUHAN, Allahnya… Ia memerintahkan orang Yehuda supaya mereka mencari TUHAN, Allah nenek moyang mereka, dan mematuhi hukum dan perintah…” lalu ketika Asa berseru, “…‘Ya TUHAN, selain dari pada Engkau, tidak ada yang dapat menolong yang lemah terhadap yang kuat. Tolonglah kami ya TUHAN, Allah kami, karena kepada-Mulah kami bersandar dan dengan nama-Mu kami maju melawan pasukan yang besar jumlahnya ini. Ya TUHAN, Engkau Allah kami, jangan biarkan seorang manusia mempunyai kekuatan untuk melawan Engkau!’” Tuhan menolong Asa. Hal yang sama seharusnya juga dilakukan oleh umat Tuhan: mencari Tuhan dan kekuatan-Nya dan bersandar kepada Allah. Allah yang telah menolong Asa juga sanggup menolong kita di zaman sekarang.

2019-10-12T09:33:36+07:00