//07/01/17 – Visi Kerajaan Allah

07/01/17 – Visi Kerajaan Allah

Sabtu, 07/01/2017

VISI KERAJAAN ALLAH

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 5:13-16

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Menurut Yesus, seperti apakah kita murid-muridnya? (ay. 13-14)

2. Apakah artinya menjadi garam dan terang? Bagaimana caranya agar terang dan garam dapat berfungsi maksimal? (ay. 13-15)

3. Temukan bagaimana secara praktis kita harus menjadi terang dan garam dalam kehidupan sehari-hari. (ay. 16)

 

PENGAJARAN:

Menjadi terang dan garam pada prinsipnya menurut konteks ini adalah menjadi PENGUBAH-PENGUBAH DUNIA. Garam di zaman dahulu berfungsi sebagai pembunuh kuman (desinfektan) yang ditaburkan di atas kotoran, lalu garam mengubah kotoran menjadi pupuk yang bermanfaat (Luk. 14:34-35). Terang berfungsi untuk mengusir kegelapan. Maka, terang dan garam hanya bermanfaat apabila ditempatkan di tengah-tengah KOTORAN dan KEGELAPAN DUNIA.

Siapakah terang dan garam itu? Kata Yesus, “Kamulah (perhatikan bahwa kata “kamu” ini berbentuk jamak, berarti “kamu semua”) terang…garam…” Ternyata, terang dan garam adalah KOMUNITAS Murid-muridNYA. Terang pada kaki dian harus menerangi semua orang di dalam “RUMAH”.Ini berarti kita hanya berfungsi maksimal sebagai terang dan garam bila kita diutus sebagai KOMUNITAS PENGUBAH DUNIA.

Suatu waktu, ada seorang dosen yang mengalami depresi berat. Ia mencari pengobatan sampai ke luar negeri, tetapi tetap tidak sembuh.Ia mencari berbagai pengobatan alternatif,termasuk perdukunan, namun hasilnya nihil.Akhirnya, istrinya teringat kepada Yesus. Ia berdoa, “Tuhan jika Engkau ada dan mengasihi suamiku, kirimlah hamba-hambamu untuk menyembuhkan suamiku.” Ajaib sekali cara doa itu dijawab oleh Tuhan. Dua minggu kemudian, Tuhan mengutus sebuah KOMSEL yang datang untuk mempraktikkan komsel di rumahnya. Pada hari itu juga,TERANG DAN GARAM PUN berfungsi. Tuhan melawat dosen itu dan dia sembuh secara total. Semua terjadi melalui komsel yang menjadi garam dan terang.

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:26:09+07:00