//07/08/16 – Perzinahan di hati

07/08/16 – Perzinahan di hati

Minggu, 07/08/2016

PERZINAHAN DI HATI

M1 – Membaca firman di hadirat Kristus

Matius 5:27-30

 

M2 – Merenungkan firman di hadirat Kristus

1. Apa yang Yesus katakan tentang “jangan berzinah”, yang berbeda dengan hukum yang biasa didengar oleh orang-orang Yahudi? (ay. 27-28)

2. Ilustrasi apakah yang Yesus katakan untuk menjelaskan bagaimana seriusnya kita harus menangani dosa perzinahan di hati? (ay. 28-30)

3. Sebagai pemagang Yesus, temukan hal-hal khusus yang diajarkan oleh Yesus kepada Anda tentang dosa perzinahan di hati Anda.

 

Bagi orang-orang Yahudi, mereka berpikir bahwa mereka telah menaati perintah “jangan berzinah” apabila mereka tidak berzinah secara fisik. Namun, menurut Yesus seorang pria telah berzinah bila ia terus-menerus melihat seorang wanita serta mengingininya di dalam hati. Selanjutnya, Yesus menggunakan perumpamaan untuk menjelaskan bahwa lebih baik kita kehilangan penyebab dosa perzinahan (mata/tangan) tetapi diselamatkan (dari dosa perzinahan), daripada tetap memiliki penyebab dosa perzinahan (mata/tangan itu), tetapi binasa (akibat dosa perzinahan). Tentu Yesus tidak bermaksud agar kita mencungkil mata dan memenggal tangan kita secara harafiah. Sebaliknya, Yesus mangajarkan agar mata hati dan tangan hati kudus, agar kita merdeka dari dosa perzinahan di dalam hati. Hanya Yesuslah yang dapat menolong kita untuk melakukan sunat hati di dalam diri kita.

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2016-07-26T07:48:46+07:00