//07/10/13 – Berbagai pencobaan membawa kesempurnaan

07/10/13 – Berbagai pencobaan membawa kesempurnaan

Senin, 07 Oktober 2013

BERBAGAI PENCOBAAN MEMBAWA KESEMPURNAAN

Bacaan Firman
Bacalah Yakobus 1:2-4 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang harus diyakini bila kita jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan (ayat 2)? Hasil apakah yang didapatkan dari ujian yang bertubi-tubi (ayat 3)?
2. Hasil apakah yang didapatkan dari ketekunan (ayat 4)?

Hari ini, kita berfokus pada aplikasi yang optimal. Untuk menghasilkan hasil yang optimal, kita harus mengerti masa kritis yang akan dialami oleh orang yang berada di dalam transisi memori (gagasan dan gambar) yang lama kepada memori (gagasan dan gambar) yang baru. Di setiap masa transisi, kita mengalami banyak ujian. Karena iblis tidak menghendaki kita memiliki pikiran baru. Ia menggoda kita untuk kembali memperkuat pikiran lama. Dr. Caroline Leaf menjelaskan bahwa jika memori lama muncul ke alam sadar, ia menjadi labil dan berada di bawah kekuasaan kita untuk menolak atau mempertahankannya. Jika godaan memori lama dibawa kepada alam sadar, ia berada di alam sadar selama 24 – 48 jam. Jika kita menggunakan kehendak bebas kita untuk berkata: “tidak bisa,” maka kita memperkuat memori yang lama, sehingga ia kembali ke alam bawah sadar dalam kondisi yang lebih kuat dari sebelumnya. Itulah sebabnya mengapa banyak orang gagal mendapat hasil yang optimal ketika diperhadapkan dengan ujian. Tujuannya adalah membuat kita kembali ke hidup lama. Jadi, kita harus mengubah pandangan kita tentang pencobaan. Kita bisa memakai ujian sebagai kesempatan kita untuk mempraktekkan pembaharuan pikiran kita. Lewat praktek berulang-ulang, gagasan dan gambar baru akan tertanam makin dalam di alam bawah sadar kita. Pada saat pencobaan datang, kita harus percaya bahwa pikiran-pikiran berdosa telah mati bersama Kristus dan pikiran-pikiran baru kita telah bangkit bersama Kristus (Kolose 3:1-5). Kita membawa pikiran kita kepada kematian, supaya kita melihat kuasa kebangkitan Kristus terjadi pada pikiran baru kita.

Renungan Firman
Setiap pikiran lama dimunculkan ke alam sadar, kita perlu lakukan pembaharuan paling lambat 48 jam. Alami perjumpaan dengan kasih dan kebenaran Tuhan selama 7 kali dalam waktu 21 hari. Jika kita lakukan perenungan dalam waktu 21 hari, maka sempurnalah prosesnya.

2013-09-26T02:44:28+07:00