//07/12/13 – Tubuh kita adalah anggota Kristus

07/12/13 – Tubuh kita adalah anggota Kristus

Sabtu, 07 Desember 2013

TUBUH KITA ADALAH ANGGOTA KRISTUS

Bacaan Firman
Bacalah Roma 12:1; 1 Korintus 6:15, 19-20 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Mengapa kita harus senantiasa mempersembahkan tubuh kita? (Roma 12:1)
2. Apa yang dikatakan Paulus tentang tubuh kita? (1 Korintus 6:15, 19-20).

Alasan ketiga mengapa kita harus mempersembahkan tubuh kita adalah karena tubuh kita adalah anggota Kristus. Tubuh kita bukan “seumpama” atau “seperti” anggota Kristus. Tubuh kita adalah benar-benar anggota Kristus. Ini bukan sebuah pengandaian atau ilustrasi saja, tetapi sebuah realita. Tubuh kita benar-benar telah bersatu dengan Kristus dan menjadi anggota tubuhNya. Itulah sebabnya apa yang dialami tubuh kita bisa dirasakan oleh Kristus, Sang Kepala. Pada waktu Saulus menganiaya orang-orang Kristus (anggota-anggota tubuh Kristus), maka Kristus (Kepala) bisa merasakan aniaya itu (Kisah Para Rasul 9:3-5). Itulah sebabnya, mengapa jemaat di Korintus yang masih terikat dengan dosa-dosa tubuh dapat merusak yang lain. Orang-orang Kristen di Korintus masih terikat dengan dosa gelojoh / rakus dan dosa-dosa percabulan. (1 Korintus 6:12-18). Orang-orang di kota Korintus suka sekali melakukan pesta makan-makan dan pesta seks. Orang-orang di Korintus yang begitu gelojoh / rakus telah berulang-ulang memuntahkan makanan yang mereka telan, agar mereka bisa berulang-ulang menikmati dengan rakusnya makanan-makanan yang enak. Mereka juga mempraktekkan pesta seks yang menjijikkan. Mengapa mereka masih terlibat dengan dosa-dosa yang demikian? Karena mereka tidak memiliki roh yang takut akan Tuhan. Mengapa mereka tidak takut akan Tuhan? Karena mereka tidak sadar bahwa tubuh mereka adalah bagian dari tubuh Kristus. Mereka tidak sadar bahwa tubuh mereka telah dibeli dengan lunas, dan bahwa tubuh mereka bukan milik mereka lagi.

Praktek
1. Bayangkan tubuh Anda sebagai anggota-anggota tubuh Kristus. Persembahkanlah senantiasa kepada Kristus, pemiliknya. Lakukanlah sekarang juga.
2. Renungkan berulang-ulang 1 Korintus 6:15. Doakanlah agar ayat ini terjadi di dalam kehidupan Anda.

2013-11-23T03:01:45+07:00