08/01/19

Selasa, 8/1/2019

  • Bacaan: Kejadian 22-24; Matius 22-24
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL dan PB: Kejadian 22:1-19; Matius 22:34-40

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Setelah Abraham mendapatkan iman atas perjanjian yang dibuat Allah atas dirinya, tibalah saatnya Abraham diuji imannya. Abraham diuji (1) apakah ia takut akan Tuhan dan mengasihi Tuhan lebih dari mengasihi anaknya (Ishak), dan (2) apakah ia benar-benar percaya bahwa janji yang diberikan Allah pasti digenapi. Ternyata Abraham lulus ujian ini. Abraham mempersembahkan anaknya bukan dengan hati yang berpura-pura, tetapi bersungguh-sungguh. Itulah sebabnya Tuhan berkata bahwa Tuhan telah mengetahui isi hatinya. Tuhan tentu Mahatahu, tetapi ujian diperlukan agar Abraham sendiri mengetahui kondisi hatinya, sehingga kasihnya dan takut akan Tuhannya semakin bertumbuh dan hubungannya semakin erat dengan Tuhan. Yang kedua, Abraham pun tidak ragu mengorbankan anaknya karena ia percaya bahwa Allah sanggup membangkitkan anaknya, sekalipun anaknya sudah mati (Ibr. 11:17-19).

 

Renungan PB:

Ketika ahli Taurat mencobai Yesus tentang hukum yang terutama dalam hukum Taurat, jawaban Yesus menunjukkan bahwa “Shema Israel” (Mrk. 12:29-31) adalah perintah yang terutama dan dasar atau gantungan dari semua Hukum Taurat dan para nabi. Kedua hukum ini adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Bahkan, Yesus sendiri menyimpulkannya dalam satu Golden Rule (Aturan Emas), “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.” (Mat. 7:12).

2019-10-12T10:05:32+07:00