08/04/19

Senin, 8/4/2019

  • Bacaan: 1 Raja-Raja 1-3; Wahyu 7-8
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 1 Raja-Raja 2:1-12

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PL :

Kitab 1 Raja-Raja merupakan lanjutan dari dari kitab Samuel tentang sejarah pemerintahan Raja-Raja Israel. Sejarah ini memuat: (1) wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo sebagai raja Israel dan Yehuda; (2) pemerintahan Raja Salomo dan usaha membangun Rumah Tuhan di Yerusalem; (3) pecahnya bangsa Israel menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan dan yang memerintah sampai pertengahan abad kesembilan SM. Bagian yang terpenting dari isi kitab 1 Raja-Raja ialah para nabi Tuhan yang berbicara atas nama Allah, termasuk kisah Nabi Elia bertarung dengan imam berhala (pasal 18).

Daud adalah prajurit sejati sekaligus pemimpin hebat karena mampu mewariskan tongkat kepemimpinan kepada Salomo, anaknya, tanpa gejolak. Ia berpesan kepada Salomo, “…kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki. Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju, dan supaya TUHAN menepati janji yang diucapkan-Nya tentang aku: Jika anak-anakmu laki-laki tetap hidup di hadapan-Ku dengan setia, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa, maka keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel.”

2019-10-12T09:39:24+07:00