//08/01/14 – Tekanan yang membawa perubahan

08/01/14 – Tekanan yang membawa perubahan

Rabu, 08 Januari 2014

TEKANAN YANG MEMBAWA PERUBAHAN

Bacaan Firman
Bacalah Amos 4:6-13; Kisah Para Rasul 6:1-7; Wahyu 2:5 dengan berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa Anda memahami bahwa tekanan adalah kesempatan untuk berubah?
2. Apa yang akan terjadi kalau kita tidak meresponi tekanan untuk berubah?

Pada zaman nabi Amos, bangsa Israel terlalu bandel sekali, sehingga Tuhan harus membawa penghakiman kepada mereka. Lima kali terjadi tekanan atau penghakiman, bukan untuk mereka binasa, tetapi supaya mereka berubah. Jika tidak berubah, maka mereka harus menghadap Tuhan. Itu sungguh-sungguh bahaya! Di dalam gereja mula-mula, ada tekanan karena pertumbuhan yang cepat yang menyebabkan janda-janda yang dilalaikan. Sungguh mengejutkan bahwa sementara ada kegerakan rohani, ada juga jemaat yang bersungut-sungut. Jika Roh Kudus bekerja dengan dahsyat dan pertumbuhan jemaat bertambah dengan luar biasa, kita merasa tidak mungkin ada masalah. Dalam kegerakan rohani di mana jemaat Yerusalem bertumbuh sampai hampir 25.000 jiwa, tekanan pertumbuhan yang begitu cepat mengakibatkan janda-janda berbahasa Yunani dilalaikan. Para rasul dipimpin oleh Roh Kudus menanggapi masalah itu dan mengangkat tujuh orang untuk menangani urusan itu. Ternyata pertumbuhan gereja membawa tekanan-tekanan yang menyebabkan kita harus berubah. Para rasul, yang berjalan dalam kuasa Roh Kudus dan kasih karunia Tuhan memberi solusi dengan segala hikmat yang diberikan oleh Tuhan. Apa hasilnya? Ajaib! Kegerakan rohani semakin bertambah cepat dan menjadi lebih hebat, lebih besar dan lebih luar biasa! Benar sekali! Jadi, pertumbuhan selalu membawa tekanan, sehingga kita harus berubah. Kantong kulit yang tua tidak mampu menerima air anggur baru, sehingga untuk bertumbuh kita harus berubah. Jikalau kita haus menerima air anggur baru dari Tuhan, maka kita harus memperoleh kantong kulit baru. Kita harus mengalami perubahan, ‘metamorfosis’oleh pimpinan Roh Kudus agar kita siap menghadapi tahap pertumbuhan yang baru.

Praktek
1. Selidikilah Amos 4 dan lihat akibat dari hati yang keras di Israel. Apa sikapkah yang sama ada di dalam kita? Bawalah sikap itu di kaki salib dan mengaku kepada Tuhan. Minta pertolongan dan kuasa-Nya supaya Anda mengalami perubahan.
2. Ceritakan kepada teman one on one Anda sifat-sifat yang harus berubah dalam hidupmu dan minta dia mendoakan Anda. Dengan saling mendoakan, kita pasti berubah.

2013-12-17T04:03:58+07:00