//08/02/17 – Orang kaya dan kerajaan Allah

08/02/17 – Orang kaya dan kerajaan Allah

Rabu, 08/02/2017

ORANG KAYA KERAJAAN ALLAH

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 19:16-26

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apa yang ditanyakan oleh orang muda yang kaya kepada Yesus? Apa jawaban Yesus? (ay. 16-21)

2. Apa yang dikatakan oleh Yesus tentang orang kaya? Bagaimana respons murid-murid ketika mendengar hal itu? (ay. 23-25).

3. Apakah mustahil bagi orang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah? Apakah orang kaya diselamatkan karena usaha perbuatan baiknya? (ay. 26)

 

PENGAJARAN:

Menurut hukum yang tertulis dalam Perjanjian Lama, memang seseorang diselamatkan karena taat melakukan Hukum Taurat (Rm. 10:5). Hukum Taurat dibagi menjadi dua yaitu: mengasihi Allah (Perintah 1-4) dan mengasihi sesama (Perintah 5-10). Orang muda yang kaya itu mengaku telah menaati perintah bagian kedua, yaitu mengasihi sesama. Yesus tahu bahwa tak seorang pun dapat taat secara sempurna melakukan semua Hukum Taurat. Karena itu, Yesus menyuruh dia untuk menjual seluruh hartanya dan memberikannya kepada orang miskin,lalu kembali mengikuti Dia. Akibatnya orang muda yang kaya itu menjadi sedih. Mengapa? Karena ternyata dia lebih mencintai hartanya daripada Tuhan. Yesus belum menjadi penguasa tunggal di dalam hidupnya. Penguasa hidup orang yang kaya ini adalah harta/uang.

Karena itulah, Yesus berkata bahwa sukar sekali bagi orang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah. Yesus berkata bahwa akan lebih mudah seekor unta masuk lewat lubang jarum daripada orang kayamasuk ke dalam Kerajaan Allah. Mendengar hal ini murid-murid menjadi gempar karena berpikir bahwa adalah mustahil kalau orang kaya itu masuk Kerajaan Allah. Namun, dari jawaban Yesus, kita dapat mengerti bahwa bagi manusia hal itu adalah mustahil. Tetapi, bagi Allah tidak ada yang mustahil.Ada yang menafsirkan bahwa lubang jarum yang dimaksud adalah sebuah pintu gerbang sempit di Yerusalem yang bentuknya seperti lubang jarum. Unta hanya bisa masuk melalui pintu itu jika menundukkan diri dan dilepaskan dari semua beban harta yang dibawanya. Dari sini kita dapat melihat bahwa Allah memberikan kasih karuniaNya kepada orang kaya agar mereka bertobat dan masuk kedalam Kerajaan Allah. Kerajaan Allah adalah kerajaan yang penuh dengan kasih karunia.

2019-10-17T12:19:46+07:00