//08/03/17 – Pemagang kristus, penjala segala manusia

08/03/17 – Pemagang kristus, penjala segala manusia

Rabu, 08/03/2017

PEMAGANG KRISTUS, PENJALA SEGALA MANUSIA

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Markus 2:13-17

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1.  Meskipun berfokus pada mengajarkan Firman Allah, Yesus melihat Lewi melampaui penglihatan jasmani biasa. Apa kata Yesus kepada Lewi dan bagaimanarespons Lewi? (ay. 13-14)

2.  Apa yang terjadi setelah Yesus memanggil Lewi? Bagaimana reaksi ahli-ahli Taurat terhadap bergabungnya orang berdosa untuk makan bersama Yesus? (ay. 15-16)

3. Apa jawaban Yesus kepada para ahli Taurat itu?Mengapa? (ay. 17)

 

PENGAJARAN:

Yesus Kristus Anak Allah melihat melampaui penglihatan jasmani. Ketika melihat Lewi anak Alfeus yang duduk di rumah cukai, Yesus memanggil dia, kataNya, “Ikutlah Aku!” Yesus melihat potensi luar biasa di dalam diri Lewi sebagai murid atau pemagang baru, yang siap dilatih dan diutus. Terbukti, setelah Lewi atau yang dikenal sebagai Rasul Matius menjadi pemagangNya, banyak pemungut cukai dan orang-orang berdosa yang berkumpul untuk makan bersama Yesus. Jika Matius tidak dipanggil, pemungut cukai dan orang berdosa lainnya tidak akan berdatangan untuk makan bersama Yesus. Yesus masih mencari pemagang baru yang siap dipanggil, dibentuk, diperlengkapi, dan diutus untuk pergi menjadi penjala manusia. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, bila kita percaya kepada kuasa Allah. Kitaadalah ekklesia Allah Yang Hidup, yang seharusnya melihat dengan cara pandang Tuhan bahwa siapa pun bisa diutus menjadi penjala manusia, seperti Lewi anak Alfeus ini. Yesus memberi teladan pada kita untuk menjangkau orang-orang berdosa di luar Kristus. Sudah siapkah Anda untuk diutus menjadi penjala manusia tanpa memilih-milih?

2017-02-18T03:29:41+07:00