//08/12/13 – Tubuh kita ekspresi Kristus

08/12/13 – Tubuh kita ekspresi Kristus

Minggu, 08 Desember 2013

TUBUH KITA EKSPRESI KRISTUS

Bacaan Firman
Bacalah Roma 12:1; Efesus 1:23; Matius 18:20 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Mengapa kita harus senantiasa mempersembahkan tubuh kita? (Roma 12:1). Apa kata Paulus tentang tubuh Kristus? (Efesus 1:23).
2. Apa yang terjadi bila dua atau tiga orang berkumpul di dalam nama Tuhan? (Matius 18:20).

Hari ini, kita memasuki alasan yang keempat mengapa kita harus mempersembahkan tubuh sebagai ibadah yang sejati adalah karena tubuh kita adalah ekspresinya Kristus. Paulus menjelaskan bahwa jemaat atau tubuh Kristus adalah kepenuhan Kristus. Tubuh diciptakan sebagai kelengkapan dari kepala. Tanpa tubuh, kepala tidak dapat diekspresikan. Itulah artinya tubuh sebagai kepenuhan (kelengkapan) kepala. Sebagai contoh: apa saja yang kepala ingin lakukan, selalu diekspresikan oleh tubuh. Bila kepala mau berjalan, berlari, duduk atau ke toilet, maka yang melaksanakan atau mengekspresikannya adalah tubuh. Demikian pula tubuh Kristus. Apa saja yang ingin dilakukan oleh Kristus, entah mau menjangkau jiwa, mengubah orang atau memberkati kota, maka akan selalu dilakukannya melalui tubuhNya. Tubuh adalah bagian dari kepala yang tidak dapat dipisahkan. Tubuh dan kepala membentuk seorang manusia. Demikian pula Kristus, manusia baru itu (Efesus 2:15). Jadi, agar orang-orang dapat melihat Kristus korporat, maka tubuhNya harus mengekspresikan Dia. Jika kita tidak senantiasa mempersembahkan tubuh kita, maka tubuh kita tidak dapat mengekspresikan Kristus baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam ibadah raya dan ibadah komsel.

Praktek
1. Persembahkanlah tubuh Anda senantiasa. Ekspresikanlah kasih Kristus lewat sikap, perkataan, dan perbuatan Anda sehari-hari, maupun dalam ibadah-ibadah.
2. Renungkan berulang-ulang 1 Korintus 6:20. Doakanlah agar ayat ini terjadi di dalam kehidupan Anda.

2013-11-23T03:02:50+07:00