09/05/19

Kamis, 9/5/2019

  • Bacaan: 2 Tawarikh 18-20; Lukas 3-4
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 2 Tawarikh 20:14-30

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PL:

Selain Raja Asa, Raja Yosafat juga hidup dalam takut akan Tuhan. Itulah sebabnya, Tuhan berbicara lewat nabi, “Camkanlah, hai seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem dan tuanku raja Yosafat, beginilah Firman TUHAN kepadamu: Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah.” Bagaimana caranya Tuhan memberikan kemenangan? “…tinggallah berdiri di tempatmu, dan lihatlah bagaimana TUHAN memberikan kemenangan kepadamu. Janganlah kamu takut dan terkejut. Majulah besok menghadapi mereka, TUHAN akan menyertai kamu.” Raja pun percaya kepada janji Tuhan dan berkata, “Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!” Selanjutnya, mereka pun memuji Allah, dan “…ketakutan yang dari Allah menghinggapi semua kerajaan negeri-negeri lain, ketika mereka mendengar, bahwa TUHAN yang berperang melawan musuh-musuh Israel.” Di sinilah kekuatan dan kuasa iman ditunjukkan; umat Tuhan memuji Allah dengan nyanyian sementara mereka berhadapan dengan perang. Demikian pula, Paulus meneguhkan hal ini di Perjanjian Baru ketika menasihatkan orang percaya untuk “kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya” (Ef. 6:10) ketika kita menghadapi berbagai kekuatan dan kuasa iblis.

2019-10-12T09:33:05+07:00