//09/10/13 – Menulis & menceritakan kisah hidup

09/10/13 – Menulis & menceritakan kisah hidup

Rabu, 09 Oktober 2013

MENULIS & MENCERITAKAN KISAH HIDUP

Bacaan Firman
Bacalah Mazmur 103:1-5; Roma 8:28-29 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini. Mazmur 103 berbicara tentang kebaikan Tuhan yang luar biasa, seperti bapa yang sayang kepada anak-anaknya (baca ayat 6-14)

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang harus dilakukan oleh batin (Mazmur 103:1)? Apa yang harus dilakukan oleh jiwa (Mazmur 103:2)? Apa yang dilakukan oleh Tuhan atas hidup kita (Mazmur 103:3-5)?
2. Menurut Roma 8:29, apakah yang dilakukan oleh Allah atas kita sejak semula? Apa tindakan Allah selanjutnya untuk membawa kita serupa Kristus (Roma 8:28)?

Dalam kisah hidup kita, kita menemukan perbuatan-perbuatan Allah yang mendatangkan kebaikan-kebaikan, dengan demikian kita berubah menjadi serupa Kristus. Namun, sering gagasan dan gambar yang berdosa juga turut mempengaruhi hidup kita. Agar kita dipulihkan dan mengubah kisah hidup kita ke depan, kita tidak boleh melupakan kisah hidup tersebut. Cara paling efektif adalah menuliskannya. Mengapa? Menulis di atas kertas lebih baik daripada mengetik. Dengan menulis, kita mengaktifkan bagian motorik di otak dan alam bawah sadar kita. Pikiran bawah sadar kita akan dimunculkan ke permukaan alam sadar. Lalu, kita bisa melihat pikiran-pikiran sadar dan pikiran-pikiran bawah sadar secara visual. Para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang bercerita, jika benar-benar didengar dan dimengerti dengan empati, maka terjadilah perubahan pada kedua otak, baik yang mendengar maupun yang didengar, sehingga terjadi integrasi otak dan menyebabkan kesembuhan. Pada suatu kali, anggota-anggota komsel mempraktekkan prinsip ini dengan bercerita sambil didengar dan dimengerti oleh anggota komsel lain. Ada anggota komsel pria menceritakan bagaimana kebiasaan buruknya, yakni pasif dan dingin dalam membangun hubungan. Tiba-tiba ia teringat bahwa ia dididik oleh ayahnya yang pasif dan dingin. Ia menemukan gagasan dan gambar yang jadi penyebab mengapa ia pasif dan dingin. Ternyata, tiga pendengar lain menemukan gagasan dan gambar yang mirip, sehingga mereka pun disembuhkan. Mengapa? Karena otak kanan mereka saling terkoneksi. Itulah sebabnya, jika Anda mau dipulihkan dari kehidupan yang lama, maka Anda pun harus menuliskan dan menceritakan kisah hidup Anda.

Renungan Firman
Tuliskan kisah hidup Anda dengan tuntunan Roh Kudus. Jangan kuatir tentang urutan cerita, yang penting mulailah lebih dulu. Ceritakanlah di komsel, temukanlah pikiran-pikiran (memori-memori) yang tersembunyi di alam bawah sadar.

2013-09-26T02:48:11+07:00