//09/11/13 – Berjuang dengan respon otomatis

09/11/13 – Berjuang dengan respon otomatis

Sabtu, 09 November 2013

BERJUANG DENGAN RESPON OTOMATIS

Bacaan Firman
Bacalah Roma 7:15,17, 22-24 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang Paulus katakan tentang apa yang ia perbuat? (ayat 15). Siapakah yang berbuat dosa? Dimanakah dosa berdiam? (ayat 17).
2. Apa yang Paulus katakan tentang dirinya dalam batin? (ayat 22). Hukum apa yang Paulus katakan berjuang dalam anggota-anggota tubuh dan melawan hukum akal budi? (ayat 23a). Menjadi tawanan siapakah Paulus? (ayat 23b-24).

Di dalam bacaan di atas, kita melihat bahwa Paulus telah percaya kepada Tuhan Yesus dan mengalami kelahiran baru. Meski telah lahir baru dan memiliki roh (si “aku”) yang baru yang tak mau melakukan dosa, bahkan si “aku” secara sadar selalu ingin hidup kudus, namun Paulus sering melakukan apa yang ia “tidak tahu.” Apa yang ia tidak tahu itulah yang berasal dari pikiran-pikiran bawah sadarnya. Jadi, di pikiran sadar (akal budi sadar), Paulus (si “aku”) ingin taat kepada hukum Allah, namun dalam anggota-anggota tubuhnya ada hukum (kekuatan) lain yang berjuang melawan pikiran sadarnya. Kekuatan lain yang ada di dalam anggota-anggota tubuhnya begitu kuat sehingga Paulus selalu dikalahkan oleh respon-respon otomatis yang berdosa dari tubuhnya. Pernahkah Anda mengalami kekuatan lain yang berjuang begitu kuat melawan pikiran-pikiran sadar Anda?
• Di pikiran sadar Anda tidak mau marah, tetapi pada saat ada pemicu, di pikiran bawah sadar Anda ada pikiran berdosa yang membuat Anda secara otomatis berespon dengan marah.
• Di pikiran sadar Anda tidak mau menikmati pornografi di internet, tapi Anda tidak berdaya melawan kekuatan (dorongan) seksual yang begitu kuat berjuang melawan pikiran-pikiran sadar Anda.

Apakah Anda begitu tertuduh dan merasa seperti manusia celaka? (ayat 24). Janganlah takut dan putus asa. Ada solusi buat Anda. Ikutilah renungan-renungan di hari berikutnya.

Praktek
1. Temukan dan tuliskan respon-respon otomatis yang sering muncul dalam tubuh, seperti: marah, dorongan seks, menghakimi, gosip, mengontrol orang. Temukan pemicu-pemicunya.
2. Menanam firman: Renungkan dan perkatakanlah Roma 7:24-25; 8:1 secara berulang-ulang.

2013-10-22T06:50:33+07:00