10/01/19

Kamis, 10/1/2019

  • Bacaan: Kejadian 28-30; Matius 28; Markus 1-2
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL dan PB: Kejadian 28:10-22; Markus 1:9-22

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Yakub adalah orang pertama di Perjanjian Lama, yang diberi pewahyuan tentang Rumah Tuhan (Betel). Itulah sebabnya di dalam Perjanjian Lama rumah Allah sering disebut Rumah Allah Yakub. Rumah Allah adalah gambaran dari Ekklesia atau gereja yang akan dibangun oleh Kristus. Gereja adalah pintu gerbang surga, di mana ada pelayanan malaikat turun naik. Setelah Israel jasmani (Yakub), yang penuh tipu muslihat itu, belum pernah melihat realita wujud rumah Allah; akhirnya Israel sejati, yang tidak ada tipuan, yaitu Natanael, melihat Rumah Tuhan, yaitu Kristus sendiri, dengan malaikat yang turun naik di atas Kristus.

 

Renungan PB:

Agar menghasilkan buah yaitu membapai murid-murid, Yesus diizinkan Allah mengalami tiga pengalaman yang penting: SUNGAI YORDAN – PADANG GURUN – GALILEA. Sungai Yordan adalah pengalaman Yesus dibapai, yaitu Yesus mendengar suara Bapa-Nya dari surga. Kemudian Yesus harus belajar ketaatan lewat penderitaan di padang gurun; Dia dicobai dan diuji. Setelahnya, barulah Dia berbuah; di Galilea Yesus membapai murid-murid-Nya. Pola hidup ini dialami Yesus sebagai teladan yang harus kita alami juga.

2019-10-12T10:04:40+07:00