10/05/19

Jumat, 10/5/2019

  • Bacaan: 2 Tawarikh 21-23; Lukas 5-6
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: Lukas 5:1-11

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PB:

Pekerjaan menjala ikan bukanlah hal yang baru bagi Simon Petrus dan kawan-kawannya; mereka merupakan orang-orang ahli dan terampil di bidang itu. Namun, pada hari itu mereka gagal menangkap satu ekor ikan pun, walaupun telah bekerja keras berjam-jam. Di sinilah tampak ketaatan Simon Petrus “sang penjala ikan yang mahir” kepada Yesus. Simon menjawab arahan Yesus, “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.” Hasil dari ketaatan yang “janggal”, bahkan “konyol” itu adalah mereka menangkap sejumlah besar ikan, sampai-sampai jala mereka koyak. Inilah buah langsung dari ketaatan Simon, yang membawa dia kepada buah berikutnya, yaitu Tuhan memilih Simon menjadi penjala manusia. Apa yang saat ini sedang Tuhan perintahkan kepada kita? Sudahkah kita taat melakukannya?

2019-10-12T09:33:00+07:00