//10/02/17 – Anak Daud yang menyucikan Bait Allah

10/02/17 – Anak Daud yang menyucikan Bait Allah

Jumat, 10/02/2017

ANAK DAUD YANG MENYUCIKAN BAIT ALLAH

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 21:12-17

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apa yang Yesus lakukan dan katakan ketika memasuki Bait Allah?(ay. 12-13)

2. Apa yang terjadi pada Bait Allah setelah disucikan oleh Yesus Anak Daud?(ay. 14-15)

3. Bagaimana respons imam-imam kepala dan ahli Taurat sewaktu melihat hal yang terjadi di dalam Bait Allah? Apa yang Yesus katakan? (ay. 15-17)

 

PENGAJARAN:

Yesus adalah Anak Daud yang telah dinubuatkan sebelum dalam Perjanjian Lama. Artinya Yesus adalah Mesias, Raja yang dijanjikan oleh Allah. Yesus, sang Raja memang sudah dinubuatkan, bahwa Dia akan melawat dan menyucikan BaitNya (Mal. 3:1-5). Pada saat Mesias melawat BaitNya, dikatakan bahwa, “Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada Tuhan.” Orang Lewi yang seharusnya sebagai imam-imam tidak lagi mempersembahkan persembahan yang benar. Pada zaman Yesus, mereka bukannya mempersembahkan korban (merpati/uang), tetapi justru memperjualbelikan korban tersebut. Para imam tak lagi mempersembahkan korban yang benar, tetapi mencari untung dalam Bait Allah.

Yesus datang untuk mendirikan kerajaan imam dan menjadikan BaitNya Rumah doa bagi segala bangsa. Kerajaan imam artinya sebuah kerajaan yang semua anggotanya adalah imam-imam yang berfungsi untuk melayani. Setelah para imam disucikan oleh Yesus, datanglah orang-orang timpang dan orang buta ke Bait Allah dan mereka disembuhkan. Bahkan anak-anak kecil memuji Yesus dengan berseru: “Hosana bagi Anak Daud.” Imam-imam kepala dan ahli Taurat gagal mengenal Mesias pada waktu Dia melawat Baitnya. Malah anak-anak kecil yang mengenalnya. Disini, Yesus menyatakan bahwa Ekklesia/Bait Allah yang akan dibangunNya adalah Ekklesia yang semua anggota berfungsi sebagai imam dan bersyafaat bagi segala bangsa. Dengan demikian, bangsa-bangsa datang dan disembuhkan, dipulihkan dan dimuridkan. Jadi, lewat Ekklesia, Kerajaan Allah hadir dan diperluas di bumi.

2019-10-17T12:18:53+07:00