//10/10/13 – Akibat pola asuh orang tua

10/10/13 – Akibat pola asuh orang tua

Kamis, 10 Oktober 2013

AKIBAT POLA ASUH ORANG TUA

Bacaan Firman
Bacalah Mazmur 27:8-10 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang ingin diikuti oleh hati Daud (ayat 8). Hal apakah yang ditakuti Daud tentang hubungannya dengan Tuhan (ayat 9)?
2. Apa keyakinan Daud tentang Tuhan (ayat 10)?

Daud rindu mengalami keintiman dengan Tuhan dan memandang wajahNya. Tetapi, saat ia mencari wajah Tuhan, muncullah perasaan tidak aman bahwa Tuhan bisa saja menyembunyikan wajahNya, meninggalkan atau membuangnya. Untung Daud memiliki pengalaman indah dengan Tuhan, bahwa hubungannya dengan Tuhan tidak bisa disamakan dengan hubungan ayah-ibunya. Ia berkata: “Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.” Entah hanya pengandaian atau benar-benar pengalaman, tetapi pengalaman ditinggalkan oleh orang tua bisa mempengaruhi hubungan dengan Tuhan dan sesama. Hanya Daud memiliki tekad yang kuat dan sungguh-sungguh di dalam hatinya untuk lebih mengenal Tuhan. Ia berkata, “Hatiku mengikuti firman-Mu: ‘Carilah wajah-Ku’; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN,” (ayat 8). Daud terus-menerus mencari wajah Tuhan. Bahkan ia berseru dari relung hatinya yang paling dalam kepada Tuhan, ”Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku!,” (ayat 9). Daud menjadikan firman Tuhan atau gambar dan gagasan yang benar tentang Tuhan sebagai dasar untuk mencari Tuhan. Sebab, kita menerima gagasan dan gambar tentang Allah sejak masa kecil kita. Gambar yang salah tentang Allah tersebut bisa mempengaruhi hubungan kita dengan Tuhan. Hal lain adalah gambar atau gagasan tentang diri sendiri yang salah dari pola asuh orang tua. Gambar dan gagasan yang salah tentang diri kita inilah yang menyebabkan baik dan tidaknya hubungan kita dengan Allah dan sesama. Mari, gantilah gagasan dan gambar yang salah tentang Allah dan diri sendiri dengan gambar dan gagasan yang benar. Hiduplah sesuai gambar dan gagasan yang benar seperti Daud sehingga kita pun mengalami keintiman dengan Allah yang benar.

Renungan Firman
Bagaimana pola asuh orang tua Anda? Ceritakanlah di komsel dan temukan gagasan dan gambar yang tertanam dalam memori bawah sadar Anda. Gantilah gagasan dan gambar yang salah dengan yang benar, sehingga kita dapat membangun keintiman dengan Allah yang benar.

2013-09-26T02:51:41+07:00