//10/11/13 – Keintiman oleh Roh mematikan respons otomatis

10/11/13 – Keintiman oleh Roh mematikan respons otomatis

Minggu, 10 November 2013

KEINTIMAN OLEH ROH MEMATIKAN RESPON OTOMATIS

Bacaan Firman
Bacalah Roma 8:5-7, 13 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang terjadi bila kita hidup menurut daging? (ayat 5a). Apa pula yang terjadi bila kita hidup menurut Roh? (ayat 5b).

2. Apa yang dikatakan Paulus tentang keinginan daging dan keinginan roh? (ayat 5-6). Apakah yang terjadi bila kita hidup menurut Roh? (ayat 13, baca juga Galatia 5:16).

Pikiran bawah sadar kita adalah seperti CD yang telah merekam, baik pikiran-pikran daging maupun pikiran-pikiran Roh. Pada saat pemicu (pencobaan, masalah, tantangan, dsb) datang, maka kita diberikan pilihan untuk berespon. Apakah kita ingin berespon menurut daging atau menurut Roh. Jika kita mengikuti daging, maka pikiran-pikiran daging yang telah direkam di memori bawah sadar kita akan diputar (autoplay). Akibatnya, kita akan merasakan apa yang dipikirkan dan selanjutnya perasaan itu menentukan respon-respon (perbuatan-perbuatan) kita. Nah, cara untuk mematikan (turn off) pikiran-pikiran daging di pikiran bawah sadar kita adalah dengan beralih 180 derajat dan mengikuti tindakan hidup “menurut Roh.”

Ketika kita hidup menurut Roh, secara otomatis pikiran-pikiran roh yang telah terekam di memori bawah sadar kita akan diputar (autoplay). Nah, karena keinginan roh berlawanan dengan keinginan daging, maka ketika pikiran-pikiran roh diputar (on), secara otomatis pikiran-pikiran daging akan dimatikan (off). Jadi, cara untuk mengalahkan respon otomatis daging adalah bertobat (berbalik 1800 = metanoia) dan hidup menurut Roh, yaitu hidup intim dengan Tuhan.

Praktek
1. Manfaatkan pemicu-pemicu (pencobaan, masalah, tantangan, dsb) agar hidup menurut Roh, yaitu hidup intim dengan Tuhan.
2. Menanam firman: Renungkan dan perkatakanlah Galatia 5:16 secara berulang-ulang.

2013-10-22T06:54:09+07:00