11/03/19

Senin, 11/3/2019

  • Bacaan: Yosua 21-23; 2 Tesalonika 2-3
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: 2 Tesalonika 2:1-12

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Tesalonika adalah ibukota provinsi Makedonia di Kerajaan Roma. Paulus mendirikan jemaat ini setelah ia meninggalkan Filipi. Saat itu Paulus tidak berada sana, dan timbullah kebingungan tentang kedatangan Yesus yang kedua kali. Lalu, ia menulis surat ini untuk menguatkan mereka dan menjelaskan tentang kedatangan Tuhan kedua kali. Paulus menegaskan bahwa banyak orang akan murtad dan manusia durhaka, dan si Antikristus akan dinyatakan. Dua hal itu harus terjadi sebelum Yesus datang. Si durhaka itu akan meninggikan diri dan mau duduk di Bait Allah, disembah sebagai Allah. Kita adalah Bait Allah, dan seharusnya Allah-lah yang bertakhta di dalam diri dan hidup kita. Ini menunjukkan bahwa di tengah umat Tuhan akan muncul seorang Penyesat yang akan menipu semua orang yang tidak cinta kebenaran dengan mukjizat dan tanda ajaib. Inilah puncak rahasia durhaka yang sedang bekerja. Namun syukurlah, Paulus dengan jelas menyatakan bahwa si durhaka itu akan dihancurkan pada saat Tuhan datang (2 Tes. 2).

2019-10-12T09:48:58+07:00