//11/11/13 – Keintiman reaktif lewat pencobaan

11/11/13 – Keintiman reaktif lewat pencobaan

Senin, 11 November 2013

KEINTIMAN REAKTIF LEWAT PENCOBAAN

Bacaan Firman
Bacalah 1 Korintus 10:11-13 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
Tulisan 1 Korintus 10:1-10 menjelaskan tentang kejatuhan orang Israel ke dalam 5 dosa.

1. Apa manfaat ditulisnya contoh kejatuhan bangsa Israel dalam 5 dosa itu bagi kita? (ayat 11). Apa nasihat rasul Paulus untuk kita? (ayat 12).

2. Seperti apa pencobaan-pencobaan yang kita alami? Apa yang Allah sediakan bagi kita saat kita dicobai? (ayat 13).

Paulus mengajar kita bahwa pada saat pencobaan (pemicu-pemicu) datang, kita diberikan 2 macam pilihan. Kita bisa jatuh ke dalam 5 dosa seperti orang-orang Israel, atau kita dapat saja memberikan respon benar, sehingga kita mengalami penyertaan kasih dan kekuatan Tuhan. Allah selalu siap menyatakan diriNya, apabila kita mengalami pencobaan, masalah dan tantangan, Ia pasti memberi kekuatan supaya kita menemukan jalan keluar dan cakap menanggungnya. Cobalah kita memperhatikan hidup kita. Bukankah melalui kesulitan, pencobaan dan persoalan, kita biasanya semakin intim dengan Tuhan? Perhatikan bahwa kita semua percaya kepada Tuhan ketika hidup kita mengalami problem-problem hidup. Jadi, marilah kita memanfaatkan pemicu-pemicu (pencobaan, persoalan, tantangan, kesulitan, dsb) yang datang kepada kita untuk membangun keintiman dengan Tuhan. Jangan kita mengikuti daging kita, sebaliknya ikutilah Roh Kudus yang akan membawa kita intim dengan Allah. Buatlah keputusan hari ini untuk hidup dalam keintiman yang reaktif dengan Allah lewat pencobaan yang kita hadapi setiap saat.

Praktek
1. Temukan hari ini pemicu-pemicu (pencobaan, persoalan, tantangan, kesulitan). Pergunakan semua pemicu untuk bersekutu, memuji, dan berdialog dengan Tuhan.
2. Menanam firman: Renungkan dan perkatakanlah 1 Korintus 10:13 secara berulang-ulang

 

2013-10-22T06:55:53+07:00