12/01/19

Sabtu, 12/1/2019

  • Bacaan: Kejadian 34-36; Markus 6-8
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL dan PB: Kejadian 35:1-15; Markus 7:1-23

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Yakub, yang telah bergumul dengan Malaikat Tuhan dan dipatahkan sendi pangkal pahanya, kini berdamai dengan Ishak. Akhirnya Yakub rindu kembali ke Betel untuk berjumpa dengan Tuhan di sana. Di Betel Yakub kembali membuat mezbah, meminta seluruh anggota keluarganya untuk menyerahkan semua berhala dan menyembah Allah yang hidup. Di Betel pula, Tuhan kembali meneguhkan semua perjanjian yang dibuat-Nya dengan Abraham kakeknya. Akhirnya Yakub mendirikan tugu dan mencurahkan minyak ke atasnya. Yakub menamai tempat itu Betel, yang adalah nubuatan tentang rumah Tuhan yang akan datang.

 

Renungan PB:

Orang Yahudi pada waktu itu memelihara banyak adat istiadat yang kelihatannya suci, tetapi hanyalah ritual dan adat yang berfokus di permukaan dan tampilan luar tanpa menyentuh hati manusia. Yesus menegaskan bahwa yang membuat seseorang itu najis bukanlah apa yang masuk ke tubuh tetapi apa yang ke luar dari hati. Hati berkaitan dengan memori-memori bawah sadar kita. Di memori bawah sadar kitalah banyak tersimpan hal-hal yang menajiskan kita. Kalau hati atau memori bawah sadar kita tidak diperbaharui, sia-sialah ibadah kita. Kita tidak mungkin berubah.

2019-10-12T10:04:27+07:00