12/02/19

Selasa, 12/2/2019

  • Bacaan: Bilangan 10-12; Roma 10-12
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

Pendalaman PB: Roma 12:1-8

1.Setelah kita diselamatkan oleh pengorbanan Yesus di kayu salib, hal apakah yang perlu kita lakukan dalam ibadah kita? (Roma 12:1)

2. Apakah yang perlu kita lakukan dengan akal budi kita? (Roma 12:2)

3.Melalui penebusan Kristus, kita menjadi anggota-anggota tubuh Kristus. Bagaimanakah caranya kita hidup di dalam tubuh Kristus? (Roma 12:3-8)

Renungan PB:

Roma 12:1 dimulai dengan kata-kata “karena itu”, yaitu karena uraian panjang lebar Paulus tentang karya keselamatan Yesus di kayu salib untuk menyelamatkan kita dari dosa (pasal-pasal sebelumnya). Selain itu, karena segala sesuatu adalah dari Dia, oleh Dia, dan kepada Dia (Roma 11:36), ayat-ayat selanjutnya menjelaskan bagaimana respons kita atas karya keselamatan Kristus.

Dengan demikian, Roma 12:1-dst merupakan langkah-langkah praktis untuk kita hidup dalam keselamatan yang diberikan Kristus itu. Karena karya keselamatan-Nya, kita mempersembahkan tubuh kita sebagai korban yang hidup, kudus, dan berkenan kepada Allah. Setelah kita menerima korban Kristus (Anak Domba), kita harus menjadi korban yang hidup, yang berarti tubuh kita dipersembahkan kepada Tuhan untuk dipakai sebagai alat kebenaran bagi Tuhan. Berikutnya yang kedua, kita harus memperbaharui akal budi kita agar kita terus-menerus mengalami transformasi kehidupan menuju keserupaan dengan Kristus. Yang terakhir, karena kita sekarang telah menjadi anggota tubuh Kristus, kita perlu berfungsi sesuai dengan karunia untuk membangun tubuh Kristus untuk mencapai kepenuhan Kristus.

2019-10-12T09:59:00+07:00