12/04/19

Jumat, 12/4/2019

  • Bacaan: 1 Raja-Raja 13-15; Wahyu 15-16
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 1 Raja-Raja 13:33-34

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Tidak ada yang lebih tragis daripada Yerobeam, raja Israel itu, dan keluarganya. Hanya karena kelakuan sang raja yang berbalik dari Allah Israel untuk menyembah berhala, ia serta keluarganya dilenyapkan oleh Allah dari muka bumi. Meski Tuhan berfirman kepada Yerobeam lewat nabi muda yang dari Yehuda pun, raja tidak taat. Dikatakan, “Sesudah peristiwa ini pun Yerobeam tidak berbalik dari kelakuannya yang jahat itu, tetapi mengangkat pula imam-imam dari kalangan rakyat untuk bukit-bukit pengorbanan. Siapa yang mau saja, ditahbiskannya menjadi imam untuk bukit-bukit pengorbanan. Dan tindakan itu menjadi dosa bagi keluarga Yerobeam, sehingga mereka dilenyapkan dan dipunahkan dari muka bumi.” Kita perlu mengoreksi diri kita bila Tuhan memberikan peringatan kepada kita, agar akibat negatif tidak terjadi pada kita maupun keluarga kita. Rindukah kita untuk berkenan pada Tuhan? Pilihlah bertobat daripada binasa.

2019-10-12T09:38:58+07:00