///12 Langkah Mudah Membangun Diri dan Karier

12 Langkah Mudah Membangun Diri dan Karier

 

Bulan Januari: Susun rencana pengembangan pribadi

Pikirkan dan tuliskan target-target Anda untuk sepanjang tahun ini, yang Anda ingin capai di akhir Desember 2017 nanti. Kualitas diri dan pengembangan karier apa saja yang menjadi target anda? Lakukan hal ini di awal bulan Januari, tentunya dengan menentukan masing-masingnya dalam kesepakatan bersama Tuhan. Agar lebih praktis dan realistis, bagi masing-masing target menjadi capaian per tiga atau enam bulan.

 

Bulan Febuari: Luncurkan profil profesional

Perbaharui kembali profil profesional atau CV Anda, lalu masukkan di media sosial profesional yang Anda gunakan, misalnya LinkedIn atau Facebook (buat akunnya jika selama ini Anda belum pernah menggunakan cara ini). Buatlah profil Anda singkat dan “menjual”, dengan mempelajari contoh-contoh yang banyak tersedia di internet. Ketahui juga contoh-contoh CV yang paling efektif menurut para pemburu SDM (perusahaan terbaik, head hunters, dsb.).

 

Bulan Maret: Pasarkan diri secara aktif

Setelah memperbaharui profil profesional, pasarkan diri Anda secara aktif dan kreatif. Ini bukan berarti Anda bersikap tidak loyal kepada perusahaan sekarang, tetapi Anda tetap perlu “memajang” berbagai capaian profesional Anda di hadapan pasar secara kreatif, sebagai bagian dari membangun dan memperkokoh citra profesional Anda. Selain itu, aktiflah berkontribusi dalam berbagai ajang yang tepat, misalnya rapat tim kerja di kantor, pertemuan dengan calon klien, dll. Libatkan diri lebih daripada sekadar kewajiban dalam job description Anda, agar eksistensi Anda secara profesional semakin terlihat.

 

Bulan April: Pelajari hal baru atau pertajam keahlian yang ada

Bacalah berbagai publikasi, artikel, dan buku yang akan menambah atau mengasah keterampilan dan keahlian Anda. Pilih satu atau dua bentuk pembelajaran yang menurut Anda tepat, lalu pelajari dengan serius. Ingat, saat ini ada begitu banyak materi yang tersedia secara gratis di internet, misalnya video-video topik tertentu di YouTube atau blog para pakar yang telah berpengalaman.

 

Bulan Mei: Bangun jejaring

Ini saatnya membangun dan memperkuat hubungan profesional. Buatlah janji temu sambil sarapan, makan siang, minum kopi, atau makan malam santai dengan orang-orang yang sudah lama tidak Anda jumpai atau yang selama ini Anda belum pernah temui secara langsung (hanya berkomunikasi melalui berbagai forum komunitas, misalnya). Jika tidak ada orang-orang semacam ini, bergabunglah dalam komunitas profesional yang sesuai dengan bidang keahlian Anda, dan hadiri acara-acara yang diadakan. Pastikan bahwa di bulan ini Anda setidaknya memiliki tiga orang baru dalam jejaring profesional Anda.

 

Bulan Juni: Lakukan inovasi kreatif

Pikirkan beberapa ide kreatif untuk melakukan inovasi dalam bidang pekerjaan Anda. Diskusikan dengan atasan atau rekan kerja yang senior, lalu bawa ide-ide terobosan baru itu dan “jual”-lah di berbagai agenda penting perusahaan. Cara-cara ini akan membuat para direksi bisa melihat kepiawaian Anda dan memiliki tambahan pertimbangan positif untuk meningkatkan posisi Anda nantinya.

 

Bulan Juli: Tinjau capaian sementara

Di pertengahan tahun, ini tinjau kembali capaian apa yang telah Anda peroleh selama satu semester. Cek ulang prestasi apa saja yang Anda raih, kesalahan apa saja yang kini tidak boleh diulangi lagi, dan perbaikan apa yang perlu Anda lakukan di semester selanjutnya.

 

Bulan Agustus: Perbaharui Motivasi Diri

Setelah peninjauan sementara, ini waktunya untuk Anda memperbaharui motivasi diri agar siap berlari kembali di semester kedua. Hadiri berbagai seminar motivasi untuk memompa kembali energi dan semangat Anda. Buka mata dan buka hati seluas-luasnya agar jiwa Anda diperkaya. Ikuti retreat atau acara sejenis di gereja untuk menyegarkan stamina rohani Anda. Semua ini akan memberikan pembaharuan motivasi bagi seluruh rencana dan aktivitas Anda selanjutnya.

 

Bulan September: Sapu bersih sisa-sisa rencana

Kini, amati kembali segala sesuatu yang telah Anda lakukan dan capai. Apa saja target dan rencana yang masih tersisa karena belum tercapai? Secara khusus, buatlah daftar hal-hal yang Anda belum tindak lanjuti sama sekali (bukan yang memang sudah Anda kerjakan dan sedang berproses namun targetnya belum tercapai). Susun rencana tindakan praktis untuk mulai merealisasikan hal-hal yang ada di dalam daftar itu.

 

Bulan Oktober: Perkuat hubungan dengan kolega dan senior

Sekali lagi, cari kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan kolega, atasan langsung, atau bahkan dengan direksi Anda. Carilah waktu dan suasana yang tepat untuk mengobrol santai dengan orang-orang ini. Ini adalah bentuk investasi diri Anda di hadapan mereka, supaya mereka mengenal Anda sebagai pribadi yang berkualitas.

 

Bulan November: Latih diri dalam kualitas kepemimpinan

Rencanakan dan realisasikan bagaimana cara Anda meningkatkan kualitas kepemimpinan. Ambil kesempatan yang ada untuk menjadi ketua, entah ketua rapat, ketua panitia acara tertentu, atau apa pun. Anda perlu berlatih memimpin, mengatur orang-orang, membuat perencanaan, menggerakkan orang, bernegosiasi dan berkomunikasi (termasuk dengan orang-orang yang paling “sulit”), serta mengatasi masalah (termasuk masalah-masalah kronis yang tampaknya “tidak mungkin” diatasi).

 

Bulan Desember: Nikmati capaian Anda

Akhir tahun ini adalah waktunya Anda menikmati capaian selama ini. Buat rencana untuk berlibur dan luangkan waktu berkualitas bersama orang-orang terkasih. Segarkan kembali energi dan jiwa Anda dengan hal-hal yang sesuai dengan kepribadian Anda. Ingat, Anda tidak harus berlibur keluar negeri atau menghabiskan biaya besar. Cara yang efektif adalah berbeda-beda untuk setiap orang. Mungkin, Anda akan mengunjungi tempat yang belum pernah didatangi, atau menikmati kekayaan kuliner yang sudah lama ingin dicoba, atau menghabiskan waktu bersantai di rumah sambil banyak-banyak mengobrol serta bermain dengan pasangan dan anak-anak. Intinya, nikmati semua ini sebagai “upah” karena Anda sudah melakukan bagian Anda di sepanjang tahun 2017 ini.

2019-10-17T12:20:48+07:00