//12/01/13 – Hidup oleh iman di tahun yang baru

12/01/13 – Hidup oleh iman di tahun yang baru

Sabtu, 12/01/2013

HIDUP OLEH IMAN DI TAHUN YANG BARU

Bacaan Firman
Bacalah Roma 1:16-17 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan
1 . Mengapa Paulus memiliki keyakinan yang kokoh di dalam Injil? (ayat 16).
2 . Oleh apakah orang benar dapat hidup? (ayat 17).

Habitat ikan adalah air. Ikan tidak bisa hidup di luar air. Bisa saja ikan hidup, tapi hanya untuk beberapa menit dan kemudian ia akan lemas dan mati. Namun jika ikan dilepaskan di dalam air, ia bisa berenang kesana ke mari dan dapat hidup dengan tenang. Demikian pula dengan orang benar. Orang benar harus hidup oleh iman. Jika kita tidak hidup oleh iman, ia akan mati.
Itulah sebabnya Paulus berkata dengan berani, “Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: ‘Orang benar akan hidup oleh iman,'”(ayat 16-17). Betapa pentingnya iman bagi kita sebagai orang Kristen, sehingga penulis kitab Ibrani berkata, “Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia,”(Ibrani 11:6). Jadi, untuk menghadapi kehidupan yang penuh ketidakpastian di tahun 2013, maka hiduplah di dalam iman atau dengan kata lain hiduplah oleh iman. Karena orang yang hidup oleh imanlah yang akan berkenan kepada Allah. Mari, alamilah janji-janji Tuhan di tahun ini melalui iman kita yang aktif. Iman aktif artinya hidup kita sehari-hari berisi tindakan-tindakan sesuai iman kita. Inilah yang akan menarik berkat Tuhan atas kita.

Praktek
Pencerahan apakah yang Anda dapatkan dari renungan hari ini? Bagikanlah pengalaman iman Anda kepada teman-teman di komsel.

2012-12-24T13:21:21+00:00