//12/02/17 – Kedatangan Yesus yang kedua kali

12/02/17 – Kedatangan Yesus yang kedua kali

Minggu, 12/02/2017

KEDATANGAN YESUS YANG KEDUA KALI

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 24:1-36

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

Bacalah beberapa kali ayat 1-36 ini. Jawablah pertanyaan-pertanyaan sbb:

1. Apakah tanda-tanda kedatangan Yesus yang kedua kali? Apakah tanda utama kedatangan Yesus? (ay. 1-13, 14)

2. Apa saja yang akan terjadi di zaman pemerintahan Antikristus di daerah Israel dan sekitarnya? (ay. 15-28)

3. Apa saja yang terjadi sesudah masa siksaan zaman Antikristus? Lalu, apakah yang terjadi pada waktu itu? (ay. 29-31). Pelajaran dan nasihat apa yang diberikan Yesus untuk mengerti waktu kedatangan Nya? (ay. 32-36)

 

PENGAJARAN:

Tanda-tanda kedatangan Yesus dimulai dengan dibukanya meterai-meterai:

Meterai 1: penyesatan; meterai 2: peperangan; materai 3: kelaparan; materai 4: kematian karena bencana alam dan penyakit; meterai 5: aniaya oleh Antikristus.

Di zaman Antikristus, si pembinasa keji (Antikristus) akan berdiri di lokasi Bait Allah (di Yerusalem). Pada waktu itu, akan ada aniaya dan siksaan yang besar di Israel dan sekitarnya. Selain itu, juga akan ada berbagai penyesatan tentang kedatangan Mesias bagi orang-orang Yahudi. Setelah siksaan aniaya, dibukakan meterai keenam: matahari menjadi gelap dan bulan menjadi seperti darah. Kemudian setelah itu, meterai ketujuh dibuka, yang di dalamnya ada Tujuh sangkakala (yang juga disebut Tujuh Cawan Murka Allah), yaitu hukuman Allah atas dosa-dosa dan kejahatan manusia. Setelah semua sangkakala/cawan murka Allah dicurahkan, Kristus akan datang pada Sangkakala yang ketujuh, yaitu sangkakala yang terakhir.Yesus akan datang di awan-awan dan semua orang dapat melihatnya. Pada waktu itulah terjadi pengumpulan semua orang pilihanNya dan kita akan diangkat ke awan-awan serta bertemu dengan Yesus.

Tentang saat dan harinya, Yesus menjelaskan denganperumpamaan ranting pohon ara yang mulai melembut pada musim panas. Ini menjelaskan bahwa kita dapat mengetahui kapan masa kedatangan Yesus, tetapi kita tidak dapat mengetahui saat dan harinya, yang hanya dapat ditentukan oleh Bapa.

2019-10-17T12:18:38+07:00